Berita Nganjuk

Peringatan Hari Santri Nasional 2022 di Nganjuk Dimulai, Banyak Lomba yang Digelar Selama Sebulan

Peringatan Hari Santri Nasional 2022 (HSN 2022) di Nganjuk resmi dimulai, banyak lomba yang digelar selama bulan Oktober ini.

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Achmad Amru Muiz
Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi memukul gong saat launching rangkaian peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2022 di Kabupaten Nganjuk, Senin (3/10/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Achmad Amru Muiz

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Pemukulan gong yang dilakukan Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi menandai dimulainya peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Kabupaten Nganjuk 2022, Senin (3/10/2022).

Marhaen Djumadi mengatakan, peringatan Hari Santri Nasional merupakan wujud pengakuan atas peran dari ulama dan para santri yang ikut aktif dalam perjuangan mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Dengan demikian, diharapkan peringatan HSN tidak hanya sekadar diperingati saja oleh masyarakat Nahdlatul Ulama (NU), tetapi semua masyarakat harus diajak ikut memperingatinya.

"Untuk itu, mari kita sebarkan di media sosial manapun bahwa hari ini telah dilaunching peringatan HSN agar masyarakat tahu. Sekaligus mari branding semua kegiatan-kegiatan Nganjuk, sehingga ke depannya Nganjuk semakin bangkit. Seperti slogan kita yaitu 'Nganjuk Bangkit,'" kata Marhaen Djumadi saat launching peringatan HSN di Kabupaten Nganjuk, Senin (3/10/2022).

Dikatakan Marhaen Djumadi, Hari Santri Nasional harus ada ciri pembeda dengan yang lain. Kalau ada kegiatan lomba sebaiknya bagaimana agar tidak biasa. Tapi kegiatan lomba itu punya penanaman nilai keagamaan yang bagus, membangun kesadaran beragama yang bagus, dan sebagainya. Dengan demikian, masyarakat betul-betul merasakan dan menghayati Hari Santri Nasional setiap tanggal 22 Oktober.

"Rangkaian acara kegiatan apa saja yang bisa membranding untuk para santri, para tokoh keagamaan dan semuanya. Inilah Hari Santri Nasional yang tidak biasa dengan tetap pada koridor keagamaan namun ada inovasi pembeda," tandas Marhaen Djumadi.

Sementara Panitia Peringaan HSN Kabupaten Nganjuk 2022, Sukorhan menjelaskan, Peringatan HSN tahun 2022 yang bertemakan 'Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan' tersebut memiliki beberapa serangkaian agenda. Mulai dari Launching PHSN pada 3 Oktober 2022, Lomba Santri Berprestasi pada 3-20 Oktober 2022, Upacara PHSN pada 22 Oktober 2022, dan Malam Puncak PHSN pada 30 Oktober 2022.

Lomba Santri Berprestasi, ungkap Sukorhan, mencangkup lomba membaca kitab kuning, lomba pidato, lomba tahlil, lomba azan, dan masih banyak lagi.

"Pada 30 Oktober 2022 akan kita laksanakan malam puncak HSN sebagai bentuk syukur telah selesainya kegiatan tersebut," tutur Sukorhan.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Kumpulan berita seputar Nganjuk

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved