Berita Situbondo

17 Desa di Situbondo Gelar Pilkades 2022, Baru Pertama Kali ini Pemilih Nyoblos di TPS Tiap Dusun

Sebanyak 17 desa menggelar pemilihan kepala desa di Situbondo. Pemilih nyoblos di masing-masing TPS Dusun yang ditentukan panitia.

Penulis: Izi Hartono | Editor: Arie Noer Rachmawati
TRIBUNJATIM.COM/IZI HARTONO
Forkilopimca bersama ketua komisi I DPRD Situbondo saat memantau jalannya proses pemilihan kepala desa di TPS 6 Desa Semiring. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Izi Hartono

TRIBUNJATIM.COM, SITUBONDO - Pemilihan Kepala Desa ( Pilkades)  di 17 desa yang tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Situbondo, hari ini digelar serentak, Kamis (6/10/2022).

17 desa yang  menggelar Pilkades, di antaranya Desa Kendit dan Tambak Ukir Kecamatan Kendit, Desa Kilensari Kecamatan Panarukan, Desa Kotakan Kecamatan Situbondo, Desa Sliwung dan Klampokan Kecamatan Panji, Desa Semiring Kecamatan Mangaran.

Desa Curah Tatal Kecamatan Arjasa, Desa Pesangrahan Kecamatan Jangkar, Desa Wringinanom Kecamatan Asembagus, dan Desa Sumberejo Kecamatan Banyuputih.

Selain itu, di  Desa Kalisari Kecamatan Banyuglugur, Desa Curahsuri Kecamatan Jatibanteng, Desa Sumberejo Kecamatan Besuki, Desa Sumberargo Kecamatan Sumbermalang dan Desa Selomukti Kecamatan Mlandingan.

Dalam pIlkades serentak tahun ini,  yang membedakan dengan Pilkades sebelumnya, yakni pemilihan dilakukan di tiap-tiap tempat pemungutan suara (TPS) yang ditentukan panitia.

Namun dalam pelaksanaan Pilkades sebelumnya, proses pemungutan suara Pilkades terpusat di satu tempat yang disediakan panitia Pilkades.

Baca juga: Nasib Tragis Nelayan di Situbondo, Tewas Seketika usai Leher Ditembus Moncong Ikan Marlin

Ketua komisi I DPRD Situbondo, Hadi Priyanto mengatakan, pemilihan Kepala Desa di TPS di masing masing dusun ini merupakan hal yang pertama dilakukan di Kabupaten Situbondo dengan protokol kesehatan Covid-19.

"Setelah saya amati  Pilkades bisa berjalan lancar, protok kesehatan dapat dilaksanakan dengan baik. Mudah mudahan diproses penghitungan mendapatkan hasil yang terbaik," ujar Hadi Prayitno kepada TribunJatim.com saat memantau jalannya pemungutan suara di Desa Semiring, Kecamatan Mangaran.

Politisi Partai Demokrat ini berharap calon yang menang atau terpilih agar tidak euforia dan yang tidak terpilih membuat kericuhan di masyarakat.

Hadi menjelaskan, dalam pelaksanaan Pilkades dengan model TPS ini, maka panitia harus menyiapkan anggaran lebih dalam Pilkades yang akan datang.

"Jka posisi covid 19 masih ada, maka biaya untuk pemilihan kepala desa pasti akan membengkak. Untuk tahun ini, biaya pembuatan TPS dibebankan pada DD masing masing desa," jelasnya.

Hadi mengungkapkan, untuk Pilkades 2022, ada 17 desa di 14 kecamatan yang menggelar Pilkades.

Baca juga: Polisi Gagal Tangkap Pelaku Judi Sabung Ayam di Situbondo, Jalan Sempit Jadi Sebab

"Memang ada yang rawan, tapi kami sudah beekoordinasi dengan pihak kepolisian untuk menanggulangi itu semua.Tapi pada prinsipnya di TPS terjaga dengan baik, karena setelah di TPS baru direkap di desa masing masing," kata Pria asal Kecamatan Kapongan ini.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved