Berita Kabupaten Malang

Gelar Rapat Paripurna, DPRD Kabupaten Malang Soroti Izin Pendirian Toko Swalayan Modern

Gelar rapat paripurna, DPRD Kabupaten Malang soroti tentang izin pendirian toko swalayan modern. Berencana buat peraturan untuk mengontrol izin.

Penulis: Erwin Wicaksono | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Erwin Wicaksono
Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Malang pada Rabu (12/10/2022). DPRD berencana membuat peraturan daerah untuk mengontrol izin pendirian toko swalayan modern. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Erwin Wicaksono

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - DPRD Kabupaten Malang berencana membuat peraturan daerah untuk mengontrol izin pendirian toko swalayan modern.

Ketua DPRD Kabupaten Malang, Darmadi menerangkan, langkah pengetatan izin toko swalayan tersebut untuk memacu pemberdayaan masyarakat.

"Rancangan memberikan pandangan perlindungan dan pemberdayaan pasar rakyat, serta pengendalian toko swalayan modern. Toko swalayan semakin marak sebagai pusat. Adanya penataan yang baik akan memberikan dapat baik bagi pembangunan Kabupaten Malang," beber Darmadi saat menggelar rapat paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Malang pada Rabu (12/10/2022).

Darmadi menyarankan Pemkab Malang segera membuat formulasi untuk melindungi usaha bisnis yang dijalankan rakyat Kabupaten Malang.

"Seperti program pemberdayaan komunitas agar ada keseimbangan untuk memacu semangat kewirausahaaan. Peran pemerintah harus mengendalikan swayalan modern supaya masyarakat juga (usahanya) berkembang," papar Darmadi.

Sementara itu, Bupati Malang, Muhammad Sanusi menyarankan warganya agar jeli melihat peluang ketika menjalankan bisnis.

"Sebentar lagi kampus Universitas Brawijaya Malang akan dibangun di Kepanjen. Fakuktas S1 semuanya akan di Kepanjen. Itu akan menggerakkan roda ekonomi," ujar Sanusi.

Sanusi mengkiaskan jika puluhan ribu mahasiswa yang akan berkuliah di Kepanjen pasti akan memacu ekonomi.

"Bayangkan satu orang mahasiswa membelanjakan lebih dari Rp 1 juta di Kepanjen. Inilah yang akan berdampak baik," sebut Sanusi.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Kumpulan berita seputar Malang

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved