Berita Malang

Melebihi Ekspetasi, Brawijaya Career Expo di Kota Malang Diserbu Ribuan Pencari Kerja

Ribuan orang pencari kerja memadati Brawijaya Career Expo, Kamis (13/10/2022). Kegiatan di Samanta Krida

TRIBUNJATIM.COM/sylvianita widyawati
Suasana Brawijaya Career Expo, Kamis (13/10/2022). Kegiatan di Samanta Krida ini diadakan oleh Direktorat Pengembangan Karier dan Alumni Universitas Brawijaya. Sampai siang hari, tercatat ada 5500 lebih pencari kerja datang ke acara itu. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sylvianita Widyawati

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Ribuan orang pencari kerja memadati Brawijaya Career Expo, Kamis (13/10/2022). Kegiatan di Samanta Krida ini diadakan oleh Direktorat Pengembangan Karier dan Alumni Universitas Brawijaya.

Sampai siang hari, tercatat ada 5500 lebih pencari kerja datang ke acara itu. Panitia membuka tutup pintu masuk agar tidak terjadi kerumuman. Kegiatan berakhir pada 15 Oktober 2022.

“Target kami bisa didatangi sekitar 7000 pencari kerja. Namun antusiasme melebihi ekspekstasi karena yang datang sangat banyak," jelas Adam Hendra Brata, ketua pelaksana Brawijaya Career Expo pada wartawan, Kamis (13/10/2022).

Ia menduga karena setelah dua tahun vakum karena pandemi Covid-19 membuat pencari kerja lebih senang datang langsung. 

Pada 2020, kegiatan ditiadakan. Baru pada 2021 diadakan kembali namun secara daring.

Tahun ini diadakan lagi karena kondisinya sudah agak kondusif, maka Rektor UB dan Satgas Covid 19 mengizinkan ada kegiatan ini sebagai pembawa semangat baru bagi UB untuk bangkit dari pandemi.

Baca juga: Warga Kota Malang Mulai Ramai Urus Surat Pencari Kerja, Didominasi TKI

Yang membedakan dari job fair sejenis adalah selain ada lowongan kerja, juga ada lembaga penyedia beasiswa baik dari UB dan luar negeri seperti Australia, Jepang dll.

"Sehingga mereka yang datang ke sini untuk mencari beasiswa juga ada," kata Adam.

Sedang ingin berwirausaha juga ada. Lembaga yang ikut ada 37 instansi dengan menyediakan 230 lowongan. Kegiatan ini terbuka untuk umum, tak hanya buat alumni UB.

Alumnus Filkom UB sengaja datang ke acara itu untuk mencari info loker. "Masih lihat-lihat dulu. Kalau saya ingin mendapatkan pekerjaan di bidang IT sesuai kuliah saya," kata Chelsa lulusan informatika.

Ada juga maba semester 1 di FTP UB yang sengaja jalan-jalan ke area acara untuk melihat peluang lulusan jurusannya kelak.

"Tadi baru selesai UTS dan ada waktu luang datang kesini," jawab Bintang. Sedang Anisda, alumnus UB lain melihat peluang kerja di Astra di bidang IT.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved