Berita Malang

Tulis Esai soal Strategi Hadapi Pelecehan Seksual, 3 Mahsiswa UMM Juara Tingkat Internasional

Tiga mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) UMM meraih juara esai internasional lewat International Scientific Competition Hilarius 2022

Penulis: Sylvianita Widyawati | Editor: Januar
Istimewa/ Humas UMM
Tiga mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) UMM meraih juara esai internasional lewat International Scientific Competition Hilarius 2022 yang diadakan Himpunan Mahasiswa Keperawatan Universitas Gajah Mada (UGM) September lalu. Mereka adalah Fino Ardiansyah, Matsna Wilda Muqorona dan Fariskha Yulfa Nurahma. 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Sylvianita Widyawati

TRIBUNJATIM.COM, MALANG-Tiga mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) UMM meraih juara esai internasional lewat International Scientific Competition Hilarius 2022 yang diadakan Himpunan Mahasiswa Keperawatan Universitas Gajah Mada (UGM) September lalu. Mereka adalah Fino Ardiansyah, Matsna Wilda Muqorona dan Fariskha Yulfa Nurahma.

Mereka mengusung esai berjudul “Strategy to Management Sexual Harassment among Adolescence”. Fino, ketua tim memgatakan pelecehan seksual ini di antara teman sebaya semakin lazim. “Rata-rata korban kekerasan seksual umumnya perempuan dan pelaku kekerasan seksual kebanyakan laki-laki," kata Fino, Sabtu (15/10/2022).

Tapi sebenarnya hal ini juga terjadi pada laki-laki.

Untuk menghadapi itu, perlu melakukan pencegahan, edukasi dan intervensi. Hal ini bisa dipakai di pembelajaran perguruan tinggi maupun sekolah.

Bahkan bisa dimasukkan dalam kurikulum untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik.

Baca juga: Alasan Pamungkas Gesek HP Penonton ke Bagian Vitalnya, Pelecehan Handphone, Manager Stres Berat?

“Strategi tersebut perlu mendapatkan dukungan dari berbagai pemangku kepentingan agar dapat diimplementasikan,” ujar Fino. Dalam event itu, mereka juga mengasah kemampuan bahasa Inggris saat proses diskusi dan memahami berbagai literatesi. Bagi Fino, ini bukan lba pertama yang diikutinya.

Ia pernah meraih medali perunggu di ajang ASEAN Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair dan medali emas di Youth International Science Fair 2022.

Ia juga aktif di Lembaga Semi Otonom (LSO) KIM HIPOTALAMUS sejak menjadi mahasiswa baru.
Ia berharap ide dari esai yang telah dibuat bisa diaplikasikan oleh pemerintah maupun pihak terkait agar Indonesia bisa terbebas dari pelecehan seksual.


Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved