Breaking News:

Berita Lifestyle

Tampil Anggun Saat Afternoon Tea, Dekoruma Gelar Talkshow Table Manner Bersama Sosialita Surabaya

Ada beberapa aturan dan etiket yang harus diikuti oleh orang-orang yang mengikuti afternoon tea. Misalnya, berpakaian sopan, table manner atau postur

Penulis: Nur Ika Anisa | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/HABIBUR ROHMAN
AFTERNOON TEA - Peserta dari berbagai komunitas saat hadiri 'Afternoon Tea With Dekoruma" di Dekoruma Surabaya Manyar Surabaya, Rabu (19/10/2022). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Ada beberapa aturan dan etiket yang harus diikuti oleh orang-orang yang mengikuti afternoon tea. Misalnya, berpakaian sopan, table manner atau postur tubuh.

Oleh karenanya, Dekoruma mengemas sebuah talkshow bertema Table Manner bersama Lieke Loho dari John Robert Powers di Dekoruma Experience Center Jalan Manyar Kertoarjo Surabaya, Rabu (19/10/2022). 

Acara ini banyak membahas tentang etiket dalam kegiatan minum teh dipenuhi berbagai sajian cantik di atas meja.

Lieke Loho menjelaskan, etiket dalam afternoon tea diharapkan bisa menunjukan sikap yang elok selama perjamuan selama makan berlangsung.

“Seorang wanita tidak perlu cantik tapi harus anggun dan menarik. Punyai lah perasaan bahwa bisa tampil menarik dan anggun dengan berbenah, bagaimana cara duduk, berdiri, berkomunikasi, minum dan makan,” katanya.

Untuk afternoon tea, biasanya membutuhkan peralatan dasar yang terdiri dari teko, gelas, tatakan, sendok, garpu dan pisau. Tak ketinggalan, piring bertingkat untuk menaruh camilan.

AFTERNOON TEA - Peserta dan undangan dari berbagai komunitas menyimak pemaparan dari Lieke Loho pada 'Afternoon Tea With Dekoruma' di Dekoruma Surabaya Manyar Surabaya, Rabu (19/10/2022). Workshop Table Manner Dekoruma hasil kerjasama dengan  Harian Surya dan Tribun Jatim ini selain membahas kepribadian diri dengan penataan yang tepat 'gestur tubuh', juga membahas tentang penataan interior dan juga warna dan bentuk busana untuk tubuh.
AFTERNOON TEA - Peserta dan undangan dari berbagai komunitas menyimak pemaparan dari Lieke Loho pada 'Afternoon Tea With Dekoruma' di Dekoruma Surabaya Manyar Surabaya, Rabu (19/10/2022). Workshop Table Manner Dekoruma hasil kerjasama dengan Harian Surya dan Tribun Jatim ini selain membahas kepribadian diri dengan penataan yang tepat 'gestur tubuh', juga membahas tentang penataan interior dan juga warna dan bentuk busana untuk tubuh. (TRIBUNJATIM.COM/HABIBUR ROHMAN)

Dalam pertemuan afternoon tea, perlu memperhatikan beberapa hal. Mulai dari posisi cangkir, mengaduk teh hingga posisi duduk untuk tetap tampil anggun.

Sebelum memulai acara, salah satu yang perlu ditata yaitu serbet. Letakan serbet diatas pangkuan atau paha. Caranya pun tidak boleh sembarangan.

Pertama buka serbet terlebih dahulu kemudian melihat posisi lipatan. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika teh tumpah maka tidak mengenai baju.

Lieke menjelaskan jika posisi cangkir searah dengan perut, maka aturan mengambil teh tanpa alas tatakan. Namun, harus mengambil teh dengan alas jika meja cukup pendek.

“Minum harus rapi, cantik, supaya anggun. Cara pegang juga harus rapi,” katanya.

Aturan lain, saat mengaduk teh arah putaran sendok harus dari arah jarum jam angka enam sampai jarum jam angka 12. Hal ini bisa bertolak belakang dengan kebiasaan minum teh pada umumnya yang berbentuk lingkaran.

Sebagai acara yang semi formal, saat meminum teh juga harus anggun dan postur tubuh tidak boleh membungkuk. Saat berdiri dan memulai duduk, harus memperhatikan posisi kaki, yakni searah dengan jarum jam. 

“Dalam keadaan formal posisi duduk juga tidak boleh bersandar di kursi. Posisi kaki jam 12 kurang 10, jam 12 lebih 10 supaya rapi bagus, betis tertutup, paha tidak kelihatan. Memang harus dilatih di rumah,” katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved