Berita Ponorogo

Teladani Kepahlawanan Hadapi Krisis Pangan 2023, Bupati Ponorogo Ajak Masyarakat Optimalkan Lahan

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menyebut semua warga Kabupaten Ponorogo bisa menjadi pahlawan di bidang dan keahliannya masing-masing

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Sofyan Arif Candra
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko Memberikan Apresiasi Kepada Masyarakat Bumi Reog Yang Berprestasi di Berbagai Bidang. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra

TRIBUNJATIM.COM, PONOROGO - Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menyebut semua warga Kabupaten Ponorogo bisa menjadi pahlawan di bidang dan keahliannya masing-masing.

Sesuai tema Hari Pahlawan tahun 2022, 'Pahlawanku Teladanku', menurut Kang Giri, sapaan akrab Sugiri Sancoko, setiap orang sepatutnya bisa meneladani semangat para pahlawan.

"Spirit itu kita replika dan kita usung ke generasi sekarang bahwa PR kita tidak sederhana walaupun kita tidak berhadapan dengan penjajah tapi kita berhadapan dengan kemiskinan, global warming, dan krisis lainnya," kata Kang Giri ditemui usai Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Pendopo Bupati Ponorogo, Kamis (10/11/2022).

Kang Giri mengingatkan Kabupaten Ponorogo harus siap dengan ancaman krisis pangan, moneter, dan energi yang mengancam pada tahun 2023.

Khusus krisis pangan, ia meminta kepada seluruh warga Bumi Reog agar jangan melewatkan sejengkal tanahpun untuk ditanami tanaman pendamping.

"Sehingga kalau terjadi krisis pangan Ponorogo tangguh dan siap," lanjutnya.

Baca juga: Tradisi 1 Suro, Tiga Pusaka Bersejarah Ponorogo Dikirab, Bupati Sugiri Ingatkan Spirit Hijrah

Menurut Kang Giri kekuatan utama para pahlawan zaman dahulu dan masyarakat zaman sekarang sama, yaitu gotong royong.

"Kemerdekaan ini bukan hadiah dan barang yang murah. Kemerdekaan ini adalah rahmat tuhan yang maha kuasa dan diperjuangkan dengan darah para pahlawan demi mempertahankan kemerdekaan," tegasnya.


Para pahlawan berhasil menang melawan penjajah walaupun para pahlawan hanya menggunakan bambu runcing sementara penjajah menggunakan senjata yang saat itu jauh lebih canggih.

Tapi bisa dibuktikan, para pahlawan bisa menang salah satunya dengan semangat gotong royong bersama demi mempertahankan kemerdekaan. (adv)

 

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved