Berita Situbondo

Cara Pencuri Kayu Kelabui Petugas, Pemilik Rumah Sembunyikan Barang Curian dalam Tanah

Sebanyak 30 glondong kayu jati diduga hasil curian ditemukan tim gabungan perhutani BKPH Panarukan, KPH Bondowoso, Selasa (15/11/2022).

Penulis: Izi Hartono | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Izi Hartono
Puluhan glondong kayu jati yang diamankan ke Polres Situbondo. 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Izi Hartono

TRIBUNJATIM.COM, SITUBONDO- Sebanyak 30 glondong kayu jati diduga hasil curian ditemukan tim gabungan perhutani BKPH Panarukan, KPH Bondowoso, Selasa (15/11/2022).

Puluhan glondong kayu jati ilegal di pekarangan salah seorang warga Dusun Tegal Mulyo, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Bondowoso.

Terungkap penemuan kayu jati hasil curian itu berawal saat pihak perhutani mendapat informasi adanya kayu curian yang disembunyikan di pekarangan rumah warga.

Selanjutnya, pihak perhutani bersama Polsek Bungatan melakukan patroli dan mendatangi rumah warga tersebut

Benar saja, saat petugas gabungan datang sejumlah orang yang ada dilokasi langsung melarikan diri. Bahkan, pemilik rumah juga ikut kabur saat mengetahui petugas yang datang.

Selanjutnya petugas melakukan penyisiran untuk mencari barag bukti kayu tersebut.. Upaya petugas ternyata berhasil menemukan tumpukan kayu yang dipenda.di dalam tanah.

Selain mengamankan puluhan glondong kayu jati, petugas yang menyita mesin serkel yang ada di lokasi.

""Sebanyak 30 gelondong kayu jati ilegal itu ditemukan di tempat berbeda di pekarangan rumah salah seorang warga," ujar Rifai, Asper BKPH Panarukan, KPH Bondowoso kepada sejumlah wartawan.

Dengan ditemukan glondongan kayu itu, kata Rifa'i, pihaknya melakukan pencocokan dengan Tunggak kayu jati di perak 33 A dan 33 B di kawasan hutan Pasir Putih.

"Untuk kasusnya dilimpahkan ke Polres," katanya.

Kasi Humas Polres Situbondo, Iptu Sutrisno membenarkan adanya pelimpahan kasus dugaan kayu ilegal dari pihak perhutani ke Polres Situbondo.

Untuk memastikan dan mengungkap pemilik 30 glondong kayu jati itu, kata mantan Kasiwas Polres Situbondo ini, pihaknya masih akan meminta keterangan beberapa orang saksi.

"Salah satunya pemilik pekarangan rumah dan pemilik mesin serkel itu," pungkasnya.

Baca juga: Mantan Perangkat Desa Jadi Aktor Pencurian Motor di Probolinggo, Beraksi saat Korban Terlelap Tidur

 


Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved