Berita Lamongan

Limbah Pabrik di Brondong Lamogan Diduga Cemari Lahan Pertanian dan Saluran Irigasi

Dugaan pencemaran air di saluran irigasi area persawahan dikeluhkan warga Desa Brengkok Kecamatan Brondong Lamongan Jawa Timur. L

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Hanif Manshuri
Forkopimcam, termasuk polisi sedang melakukan olah TKP. Limbah pabrik itu diduga mencemari lahan sawah dan aliran irigasi, Selasa (15/11/2022) 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Hanif Manshuri

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Dugaan pencemaran air di saluran irigasi area persawahan dikeluhkan warga Desa Brengkok Kecamatan Brondong Lamongan Jawa Timur.

Limbah cair berwarna orange dan bebau menyengat itu selain mengarah ke irigasi waduk juga ke lahan pertanian.

Limbah itu juga berdampak tanaman padi yang baru berumur 2 di lahan sawah milik warga mati, mengering dan berubah warnanya menjadi kecoklatan.

Seperti lahan sawah milik seorang petani bernama, Sumaji (60) warga Desa Brengkok Kecamatan Brondong, tanaman padi lahan sawahnya mati tercemar limbah cair yang mengalir ke sawah.

Tidak hanya mengakibatkan tanaman padi mati dan jerami sisa panen mengering, populasi ikan di aliran irigasi teknik juga banyak mati.

"Limbah itu warnanya orange dan keruh, " kata Sumaji kepada Polisi, Selasa (15/11/2022).

Saat hujan turun dan saluran irigasi terisi air hujan, limbah yang keluar dari pipa yang terpasang di saluran irigasi tersebut meluber dan meluas memenuhi lahan sawah di kanan kiri saluran irigasi.

Kondisi ini langsung direspon oleh Ketua Karang Taruna Kecamatan Brondong, Sismulyadi (32) yang langsung melaporkan temuan dan keluhan petani adanya pencemaran limbah dari pabrik.

Sismulyadi didampingi wakilnya, Teguh (30) bersama dua warga Daus (30) dan Budi (30) membawa persoalan ini ke Polisi.

Baca juga: Pilih Jalur Damai, Warga Sidorejo Tulungagung Bakal Cabut Laporan Kasus Banjir Campur Limbah

Sismulyadi melaporkannya ke Polsek Brondong, pemilik wilayah hukum di Brodong, Senin (14/11/2022) kemarin.

Kapolsek Brondong, Iptu M. Lukman Hadi didampingi Kanit IK, Aipda Yono W, KSPKT, Aipda Didin Eko, P.s Kanit Reskrim Bripka Dadan Priyagung dan 2 anggota Koramil Sertu Dekan, Sertu Rofi'i, Kasubag Umum Kecamatan Brondong, Budi langsung ke saluran irigasi pertanian yang tercemar limbah.

Camat Brondong, Ni'am dikonfirmasi Tribunjatim Network mengungkapkan, tim Forkopimcam sudah menindak lanjuti laporan masyarakat ke lokasi.

"Mengarah ke salah satu pabrik (menyebut nama pabrik, red), " kata Ni'am, Selasa (15/11/2022).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved