Berita Terkini

Gunakan Bahan Mentah Asli Indonesia, HMNS Ciptakan Produk Lokal Berkualitas

Tingginya kebutuhan akan produk wewangian ini, turut berdampak pada tren penjualan parfum termasuk merek lokal di Tokopedia.

Editor: Januar
Istimewa/ TribunJatim.com
Tokopedia juga mengungkapkan bahwa jumlah penjual parfum, fragrance, dan cologne naik hampir 1,5x lipat pada September 2022 dibandingkan September 2021. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA- Parfum atau wewangian tubuh telah menjadi kebutuhan sehari-hari. Tidak hanya menambah kesegaran, parfum juga dapat meningkatkan kepercayaan diri saat melakukan aktivitas di luar rumah.

Tingginya kebutuhan akan produk wewangian ini, turut berdampak pada tren penjualan parfum termasuk merek lokal di Tokopedia.

“Menurut data internal kami, jumlah pembeli dan transaksi produk parfum, fragrance dan cologne naik hampir 2,5x lipat pada September 2022 dibandingkan periode yang sama tahun lalu,” ungkap Category Development (Beauty and Personal Care) Senior Lead Tokopedia, Sherine Pranata.

Sementara itu, Tokopedia juga mencatat Kabupaten di Indonesia dengan peningkatan jumlah transaksi parfum, fragrance, dan cologne pada kuartal III 2022 dibandingkan kuartal III 2021 ada di Kabupaten Kampar (Riau), Jepara (Jawa Tengah), Demak (Jawa Tengah), Lampung Tengah (Lampung), Bungo (Jambi). Sedangkan kecamatan dengan transaksi tertinggi ada di Tahunan (Banten), Rajabasa (Lampung), Cibeber (Jawa Tengah), Jatinangor (Jawa Barat), Simokerto (Jawa Timur).

Di sisi lain, Tokopedia juga mengungkapkan bahwa jumlah penjual parfum, fragrance, dan cologne naik hampir 1,5x lipat pada September 2022 dibandingkan September 2021.

Ciptakan Produk Parfum Lokal Berkualitas, HMNS Gandeng Pegiat Usaha Lokal

Salah satu produsen parfum lokal yang saat ini sedang naik daun adalah HMNS. Ketertarikan CEO and Founder HMNS, Rizky Arief Dwi dalam membuat usaha ini berawal dari keresahannya melihat harga parfum yang beredar di pasar sangat mahal.

“Saat saya memulai usaha ini di 2019, belum banyak penghasil parfum di Indonesia. Di sinilah saya melihat peluang usaha sambil menciptakan produk parfum berkualitas dengan harga terjangkau. Sekaligus juga terus mengenalkan bahan baku mentah asli dari Indonesia,” jelasnya.

Dalam menghasilkan produk parfum yang berkualitas, Rizky pun berkolaborasi dengan 15-20 produsen lokal mulai dari pabrik hingga pengemasan. Ia menambahkan, mereka juga bekerja sama dengan perkebunan-perkebunan lokal untuk bahan-bahan produk HMNS.

"Salah satunya adalah kebun yang terletak di Aceh," ucapnya.

Baca juga: Nasib Misca Mancung seusai 5 Tahun Tak Syuting, Kini Keliling Jual Parfum dan Bantu-bantu di Warteg

Manfaatkan Tokopedia, Jangkau Pasar yang Lebih Luas

Tokopedia sejak awal telah menjadi platform teknologi yang dipilih HMNS dalam memasarkan produknya. “Sejak menggunakan Tokopedia, kami dapat memperluas jangkauan produk kami hingga Papua, sehingga menumbuhkan pendapatan hingga 20-30 kali lipat,” terang Rizky.

HMNS pun kerap mengikuti beberapa kampanye Tokopedia seperti Tokopedia Beauty Dealight dan Tokopedia Beauty Awards. “Sejak aktif dalam kampanye tersebut, keuntungan kami pun naik sebesar 2x lipat,” tambahnya. Selain aktif mengikuti kampanye Tokopedia, Rizky turut menyampaikan bahwa dalam waktu dekat HMNS akan berkolaborasi dengan figur publik dalam varian produk barunya dan akan dijual pada laman Official Store HMNS.

“Tokopedia terus berkomitmen dalam memberikan panggung seluas-luasnya bagi pegiat usaha lokal, termasuk UMKM dalam memulai hingga mengembangkan bisnisnya, salah satunya lewat inisiatif hyperlocal. Harapannya agar produk lokal dapat meraja di negeri sendiri dan terus menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia,” tutup Sherine Pranata.

 

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved