Berita Terkini

Mengenal Peraturan Program Penggajian di Indonesia

Gaji karyawan umumnya ditangani secara berbeda oleh setiap perusahaan. Hal ini merupakan perbedaan kebijakan perusahaan terhadap program penggajian.

Editor: Januar
Istimewa/ TribunJatim.com
Mengenal Peraturan Program Penggajian di Indonesia 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA -Gaji karyawan umumnya ditangani secara berbeda oleh setiap perusahaan.

Hal ini merupakan perbedaan kebijakan perusahaan terhadap program penggajian. Perbedaan ini tergantung pada ukuran dan jenis usaha.

Perbedaan ini disebabkan oleh banyak hal, antara lain struktur organisasi perusahaan, kesehatan dan keuangan perusahaan, sistem UMR yang digunakan perusahaan, perbandingan bobot kerja antar jabatan, pikiran dan banyak hal lainnya.

Tetapi, setiap perusahaan harus mengikuti aturan dasar yang ditetapkan oleh pemerintah. Oleh karena itu, setiap kebijakan perdagangan tunduk pada aturan dan referensi yang telah ditetapkan.

program penggajian Indonesia akan dibahas kemudian di bawah ini.

Cara Kerja Program Penggajian

Karyawan adalah salah satu alasan utama kesuksesan sebuah perusahaan atau organisasi lain di Indonesia.

Namun, tidak menutup kemungkinan di balik keberadaan mereka adalah resesi yang memaksa sebuah bisnis untuk “menutup” karena ulah karyawannya sendiri. Bahkan, seiring dengan bertambahnya jumlah karyawan dari waktu ke waktu untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

Bagaimanapun, salah satu alasan utama perusahaan mulai mempekerjakan karyawan adalah beban kerja yang terus meningkat dan tidak dapat diselesaikan dengan cepat jika dibandingkan dengan jarak yang terlalu jauh.

Namun di balik animo masyarakat atau calon karyawan yang ingin bergabung, sebagian dari mereka masih mengincar program penggajian untuk melihat apakah bisa nyaman dan mencukupi untuk kehidupan pribadi mereka atau tidak.

Perusahaan dengan banyak karyawan perlu memahami dan mengetahui cara menggunakan program penggajian dalam membayar karyawan di awal bulan atau di awal periode.

Hukum Indonesia Yang Berkaitan Dengan Program Penggajian
Di Indonesia, program penggajian diatur oleh sejumlah peraturan pemerintah. Hal ini dilakukan agar seluruh warga negara Indonesia dapat hidup dengan sebaik-baiknya.

Bisa dikatakan banyak perusahaan asing yang menetap di Indonesia. Jadi, dia perlu memiliki aturan ketat tentang bagaimana membayar karyawannya.

Berikut gambaran umum Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 78 Tahun 2015 tentang penggajian:

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved