Berita Surabaya

Dukung Aktivitas Melaut Nelayan Tradisional, Nippon Paint Gelar Aksi #ColouringLives

Nippon Paint selaku perusahaan manufaktur cat pertama dan pelopor industri cat di Jepang memberikan dukungan penuh terhadap aktivitas melaut

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Januar
Istimewa/ TribunJatim.com
Kapal nelayan tradisional tampak lebih kokoh dan indah dipandang mata, khususnya setelah dicat menggunakan Nippon Bee Brand 1000 serta dipadukan dengan Nippon Copper Paint Anti-Fouling. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Nippon Paint selaku perusahaan manufaktur cat pertama dan pelopor industri cat di Jepang memberikan dukungan penuh terhadap aktivitas melaut para nelayan tradisional.

Dukungan tersebut diberikan melalui program CSR Warnai kehidupan #ColouringLives di sepanjang tahun 2022.

Komitmen Nippon Paint dalam program CSR Warnai Kehidupan #ColouringLives ini selaras dengan 5 dari 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB, meliputi; Kehidupan sehat & sejahtera, pendidikan berkualitas, pekerjaan layak & pertumbuhan ekonomi, mengurangi kesenjangan, hingga penataan kota & permukiman ramah lingkungan.

Area Sales Manager Nippon Paint Indonesia, Exwin Subianto mengatakan, program tersebut merupakan dukungan nyata yang diberikan oleh Nippon Paint untuk membantu operasional nelayan tradisional dengan mendonasikan cat sebanyak 3.105 liter Nippon Bee Brand 1000 serta Cooper Paint Anti-Fouling untuk 522 kapal.

Kata dia, pengecatan kapal tersebut dilakukan secara bertahap di sejumlah kawasan pesisir Indonesia diantaranya Desa Bandengan Cirebon, Desa Alasdowo Pati, Pantai Sadeng Yogyakarta, Desa Bandengan Kendal, dan Desa Mulyorejo Pekalongan.

"Rangkaian kegiatan donasi kepada 552 kapal ini merupakan bentuk kepedulian Nippon Paint kepada para Nelayan tradisional di Indonesia untuk membantu peningkatan perekonomian dan kesejahteraannya," ungkap Exwin Subianto. Senin (28/11/22).

Ia juga menjelaskan, apa yang dilakukan pihaknya ini karena peduli terhadap kekayaan alam Indonesia, dilansir dari laman resmi Kementerian ESDM mengenai Morfologi Dasar Laut Indonesia, Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki luas wilayah perairan sebesar 5,8 juta km2 atau sama dengan 2/3 dari luas wilayah Indonesia. Menurut data Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia lebih dari 2 Juta masyarakat berprofesi sebagai nelayan dimana dominasi aktivitas penangkapan ikan dilakukan oleh nelayan tradisional.

Indonesia sendiri cukup identik dengan nelayan tradisional yang kental akan nilai-nilai adat yang mencerminkan suatu identitas dan pola aktivitas melaut yang unik dan berbeda.

Terlebih, Nelayan tradisional memiliki peranan penting dalam lingkup perekonomian di wilayah pesisir Indonesia, maka penting juga bagi kita untuk bersama mewujudkan maritim yang kuat dengan menjaga eksistensi dan memberdayakan nelayan tradisional.

Baca juga: Dapat Support dari Nippon Paint, Gang-gang Kecil di Kebonsari Jember Jadi Wisata Mural 3 Dimensi

Oleh karena itu, lanjut Exwin, untuk kebutuhan perawatan kapal, Nippon Paint yang merupakan pemain lama industri cat tanah air telah menghadirkan cat khusus untuk perawatan kapal kayu maupun besi, seperti Nippon Bee Brand 1000 dan Nippon Copper Paint Anti-Fouling.

Nippon Bee Brand 1000 sendiri merupakan cat sintetis enamel yang sangat cocok untuk kayu dan besi, baik interior maupun eksterior.

"Cat ini mudah diaplikasikan dengan hasil akhir gloss (mengkilap), cepat kering sehingga hemat waktu docking dan tahan cuaca iklim tropis," jelas Exwin.

Sementara itu, Sekretaris Forum Nelayan Desa Bandengan, Kecamatan Mundu, Nursalim mengatakan bahwa kapal merupakan jantung bagi nelayan untuk menangkap ikan di laut sehari-harinya, sehingga nelayan juga harus memperhatikan kondisi kapal agar laik laut dan layak melakukan pelayaran.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved