Berita Jatim

DPRD Jatim Teruskan Aspirasi Tenaga Medis di Jawa Timur Terkait RUU Kesehatan

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Timur (DPRD Jatim) memastikan bakal meneruskan aspirasi dari kalangan tenaga medis

TRIBUNJATIM.COM/Yusron Naufal Putra
Pimpinan dan anggota DPRD Jatim saat menerima ratusan tenaga medis di Gedung DPRD Jatim, Selasa (28/11/2022). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Timur (DPRD Jatim) memastikan bakal meneruskan aspirasi dari kalangan tenaga medis terkait Rancangan Undang-Undang atau RUU Kesehatan Omnibus Law.

Ratusan tenaga medis dari berbagai organisasi profesi kesehatan memang mendatangi gedung DPRD untuk menyampaikan aspirasi kekhawatiran terkait RUU tersebut, Senin (28/11/2022) kemarin. 

Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak saat menerima aspirasi itu mengungkapkan sebagai lembaga legislatif pihaknya bertugas untuk menerima dan menampung aspirasi.

"Tentu, menjadi tugas kami untuk meneruskan untuk pemerintah pusat khususnya kepada DPR RI berkaitan dengan hal-hal yang menjadi kekhawatiran di dalam substansi Pasal demi pasal dalam RUU ini," kata Sahat. 

Selain Sahat, ratusan tenaga medis itu juga ditemui oleh Wakil Ketua DPRD Jatim Anik Maslachah.

Lalu, Wakil Ketua Komisi E Hikmah Bafaqih dan dua orang anggota yakni Hadi Dediyansah serta Mathur Husyairi.

Kemudian, turut hadir anggota DPRD Jatim lainnya, Freddy Poernomo, Ahmad Iwan Zunaih dan Muzammil Syafii. 

Sahat menegaskan akan meneruskan aspirasi itu. Sekalipun dia tak memungkiri, secara otentik pihak DPRD Jatim belum menerima draft asli RUU itu maupun naskah akademik.

Namun, dalam pertemuan itu mengemuka jika materi RUU ini beredar di dunia maya. 

"Secara resmi pemerintah memang belum menyampaikan kepada kita semua, RUU itu yakni pasal demi pasal. Tetapi, kami yakin apapun yang beredar itu tentu perlu kita tanggapi karena itu berkaitan dengan kepentingan masyarakat maupun organisasi profesi kesehatan yang ada," ucap Sahat. 

Disisi lain, politisi Partai Golkar itu mengucapkan terimakasih terkait aspirasi yang telah disampaikan melalui DPRD Jatim.

Termasuk menyampaikan atas peran kalangan tenaga medis selama upaya penanganan pandemi Covid-19. Seperti diketahui, pandemi menyerang selama beberapa tahun terakhir. 

"Selama pandemi banyak hal telah dilakukan, pengorbanan bahkan jiwa dan raga menyelesaikan persoalan pandemi Covid-19 bagi masyarakat. Begitu besar jasa dokter, tim medis, kesehatan sampai tingkat tenaga non medis yang telah melayani masyarakat," tambah Sahat. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved