Berita Surabaya

Hari Ini, Asrama Mahasiswa Nusantara di Surabaya Bakal Diresmikan Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo rencananya akan meresmikan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di Surabaya hari ini, Selasa (29/11/2022).

istimewa
Suasana Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di Surabaya yang bakal diresmikan Presiden Jokowi 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Bobby

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Presiden Joko Widodo rencananya akan meresmikan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di Surabaya hari ini, Selasa (29/11/2022).

Nantinya, gedung ini menjadi hunian bersama bagi mahasiswa penerima beasiswa pendidikan dari berbagai daerah yang berkuliah di Surabaya dan sekitarnya.

Mengutip jadwal yang diterima redaksi Tribun Jatim Network, Presiden Jokowi rencananya akan tiba di Surabaya sekitar pukul 14.00 setelah berkegiatan di Pontianak, Kalimantan Barat.

Sekitar pukul 14.45, Presiden akan berada di AMN sekaligus melakukan peresmian Asrama ini.

Asrama ini sebelumnya dibangun dengan mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 106 Tahun 2021. Tujuannya, sebagai  wadah pembinaan untuk mempererat persatuan dan kesatuan bagi generasi muda di tingkat perguruan tinggi.

AMN Surabaya dibangun dengan memanfaatkan lahan milik Pemprov Jawa Timur seluas 9.975 m⊃2;. Lokasinya, tepat di sebelah gedung arsip Pemprov Jawa Timur, Siwalankerto, Kecamatan Wonocolo, Surabaya.

Baca juga: Jelang Peresmian Asrama Mahasiswa Nusantara, BIN Persiapkan Fasilitas Pendidikan hingga Pembinaan

Dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), AMN terdiri dari 2 tower dengan masing-masing memiliki 5 lantai. Masing-masing tower menjadi asrama mahasiswa perempuan dengan laki-laki yang ditempatkan secara terpisah.

Total, AMN memiliki 196 kamar. Termasuk 4 kamar bagi penyandang disabilitas serta 8 kamar untuk mentor. Bangunan ini memiliki daya tampung hingga 532 mahasiswa dan ditargetkan dapat menampung 40 persen mahasiswa asli Papua yang berkuliah di Jawa Timur.

Proyek ini dikerjakan kontraktor PT Nindya Karya (Persero) Tbk dan PT Parigraha Konsultan selaku Konsultan Manajemen dengan nilai kontrak Rp86,7 miliar. Pembangunannya dilakukan September 2021 dan telah selesai pada Mei 2022 lalu.

Menggunakan gagasan ramah lingkungan dengan filosofi Bangunan Gedung Hijau, AMN mengusung konsep arsitektur tropis. Di komplek ini, juga dilengkapi berbagai fasilitas yang menunjang aktivitas para mahasiswa.

"Fasilitas pendukung yang disiapkan mendukung pengembangan kompetensi mahasiswa," kata Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Timur, Ditjen Cipta Karya, M Reva Sastrodiningrat melalui keterangan tertulisnya.

Di antaranya, perpustakaan/ruang baca, ruang belajar bersama, ruang seni, laboratorium, lapangan olahraga, ruang pembinaan entrepreneurship, dan lanskap.

Baca juga: Asrama Mahasiswa Nusantara 1,5 Hektare Dibangun di Surabaya, Wadah Bentuk Kepemimpinan dan Karakter

Juga, klinik, kantor pengelola, ruang makan, dapur, ruang laundry, hingga ruang sekuriti. Serta, kamar mandi dan toilet komunal, ruang ibadah, dan beberapa fasilitas lainnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved