Breaking News:

Berita Lamongan

Polisi Buru Terduga Pencuri yang Tinggalkan Truk dan 35 Batang Jati Gelondongan di Lamongan

Lama tidak mendengar kasus illegal logging, kini pencurian puluhan gelondong kayu jati terjadi di kawasan hutan di Mantup Lamongan.

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Hanif Manshuri
Barang bukti sebuah truk, 35 batang gelondong kayu jati, 3 gergaji tangan yang ditinggalkan pelaku, Selasa (29/11/2022) 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Hanif Manshuri

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Lama tidak mendengar kasus illegal logging, kini pencurian puluhan gelondong kayu jati terjadi di kawasan hutan di Mantup, Lamongan.


Aksi pencurian kayu jati di kawasan hutan milik negara petak 46P RPH Babatan, BKPH Mantup, KPH Mojokerto turut tanah Dusun Glugu, Desa Mantup, Kecamatan Mantup Lamongan diketahui oleh petugas, Selasa (29/11/2022) pagi hari.

Pelaku berhasil kabur dan meninggalkan alat bukti kendaraan truk nopol S 8662 AD, 3 gergaji dan 35 batang bukti kayu jati gelondongan sebanyak berbagai diameter.

Pelaku diperkirakan belum lama kabur meninggalkan truk dan puluhan batang kayu jati gelondongan di TKP, karena saat ditinggalkan, mesin truk dalam keadaan menyala.

"Bermula kecurigaan petugas keamanan Perum Perhutani yang mendapati informasi adanya pencurian kayu jati, kemudian melapor ke Polsek Mantup," kata Kasi Humas Polres Lamongan, Ipda Anton Krisbiantoro saat dikonfirmasi Tribunjatim Network, Selasa (29/11/2022).

Begitu ada laporan terjadi pencurian kayi di wilayah Hutan Mantup, anggota Polsek Mantup bersama Suwanta, pegawai Perum Perhutani RPH Babatan, RT 001 RW 06, Dusun Talunnongko Desa Jolotundo Kecamatan Jetis Mojokerto, dan Kusnan Marjuki (55) Mandor Perhutani Mantup bergegas menuju lokasi yang dicurigai.

Tiba di lokasi kejadian, Selasa (29/11/2022) pukul 03.00 WIB, yang ada hanya truk yang dipakai untuk mengangkut dan sebanyak 35 batang kayu jati gelondongan hasil curian.

Baca juga: Mantan Perangkat Desa Jadi Aktor Pencurian Motor di Probolinggo, Beraksi saat Korban Terlelap Tidur

"Selain truk dan 35 kayu jati gelondongan, ada juga 3 gergaji yang ditinggalkan pelaku," katanya.

Satu unit truck warna kuning nopol S 8662 AD dalam kondisi mesin menyala bermuatan kayu jati didalam lokasi hutan.

Setelah dilakukan pencarian terhadap pelaku, tidak ditemukan dan dipastikan pelaku kabur.

Kasusnya dalam penyelidikan polisi dan akan sangat mudah ditemukan jejak pelakunya. Polisi punya petunjuk yang bisa dijadikan untuk mengendus, minimal satu orang.

Dari satu orang tersebut akan mudah untuk dikembangkan untuk mengungkap terduga pelaku lainnya.

Barang bukti berupa 1 unit truck, 35 batang kayu jati gelondongan dalam berbagai ukuran dan 3 buah gergaji tangan diamankan di Polsek Mantup.

Terhadap pelaku tindak pidana pencurian ini dijerat Pasal 82 ayat (1) huruf B Jo Pasal 12 huruf B atau pasal 83 ayat (1) huruf B Jo Pasal 12 huruf E UU RI nomor 18 Tahun 2013.

"Tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan. Sebagaimana diubah dengan UU RI nomor 11 Tahun 2020, tentang cipta kerja," pungkasnya.


Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved