Berita Jatim

Maknai Hari Penanaman Pohon Indonesia, PLN Gandeng Taman Nasional Baluran Tanam 10.000 Pohon

Resapi makna peringatan Hari Penanaman Pohon Indonesia (HMPI), PLN bekerjasama dengan Taman Nasional Baluran mengadakan penanaman 10.000 pohon

Editor: Januar
Istimewa/ TribunJatim.com
Resapi makna peringatan Hari Penanaman Pohon Indonesia, PLN gandeng Taman Nasional Baluran tanam 10.000 pohon 

TRIBUNJATIM.COM, SITUBONDO - Resapi makna peringatan Hari Penanaman Pohon Indonesia (HMPI), PLN bekerjasama dengan Taman Nasional Baluran mengadakan penanaman 10.000 pohon di wilayah Taman Nasional Baluran tepatnya di daerah STPN Wilayah I Bekol pada Resort Balanan Blok Hutan Demang dan Resort Bama Blok Hutan Kelor.

Giat inipun turut dihadiri Pemerintah Kabupaten Situbondo serta Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten SItubondo

Aksi yang dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi emisi karbon serta mendukung mitigasi perubahan iklim serta menjadi perwujudan pelaksanaan sustainable development goals (SDGs) yang merupakan Program Pemerintah.

Turut melibatkan masyarakat sekitar, melalui kegiatan ini, PLN dan Taman Nasional Baluran juga turut melakukan sosialisasi penanaman pohon serta manfaatnya terhadap lingkungan terhadap masyarakat sekitar, sehingga diharapkan masyarakat semakin paham dan tergerak untuk melakukan upaya pelestarian lingkungan di sekitarnya.

Penanaman kepahaman serta pembiasaan pelestarian lingkungan juga menjadi target yang diharapkan sehingga budaya pelestarian lingkungan ini dapat semakin meluas di lingkungan masyarakat.

Sebelumnya pada pertengahan tahun 2022, PLN juga menggandeng Taman Nasional Baluran telah bersama menanam 5.000 pohon bersama Komunitas Randu Agung Bersatu di Wilayah Taman Nasional Baluran Situbondo. PLN Optimis rangkaian usaha pelestarian ini akan membawa dampak positif bagi alam dan masyarakat sekitar.

Kepala Balai Taman Nasional Baluran, Pudjiadi, S.Sos, menyampaikan apresiasinya kepada PLN atas komitmennya dalam melakukan upaya pelestarian lingkungan. Lebih lanjut Pudjiadi menyampaikan bahwa pihaknya telah beberapa kali berkolaborasi dengan PLN dalam upaya pelestarian lingkungan.

Baca juga: Sinergikan Proyek Strategis, PLN Perkuat Koordinasi dengan Kementerian dan Taman Nasional Baluran

Pihaknya juga mengatakan bahwa penanaman pohon akan meningkatkan kualitas lingkungan secara berkala yang pasti juga akan membawa dampak positif dan membawa banyak manfaat kepada masyarakat sekitar.

“Kami sangat mengapresiasi PLN atas komitmen yang ditunjukkan secara nyata terhadap lingkungan. Terbukti beberapa kali telah melakukan upaya penanaman pohon yang dilakukan di wilayah Taman Nasional Baluran yang dapat kami saksikan secara langsung. Kami yakin kolaborasi ini akan berdampak baik untuk lingkungan. Dengan meningkatkan populasi pohon mangrove, maka ekosistem satwa liar serta habitat hewan kecil, penyerap emisi, serta dapat memitigasi perubahan iklim dan masih banyak lagi lainnya”, ucapnya

General Manager PLN UIP JBTB, Muhammad Ramadhansyah mengatakan bahwa program ini menjadi program serentak yang dilakukan PLN dalam memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI). Lebih lanjut Muhammad Ramdhansyah mengatakan bahwa selain momentum menanam pohon di akhir November ini, PLN juga telah melakukan aksi-aksi pelestarian lingkungan sebelumnya yang dilakukan melalui program PLN peduli, baik melalui penanaman pohon, pembersihan sungai dan lain sebagainya disesuaikan dengan kebutuhan pelestarian lingkungan di lingkungan sekitar.

“PLN berkomitmen untuk peduli dengan lingkungan, di mana hal ini juga sesuai dengan transformasi PLN serta komitmen PLN dalam ikut mendukung Program Pemerintah melalui Sustainable Development Goals (SDGs). PLN secara berkala telah melakukan penanaman dalam beberapa tahun terakhir, dan kami optimis bahwa langkah dalam melestarikan lingkungan akan berdampak dan bermanfaat baik kepada lingkungan maupun masyarakat sekitar. Kami pun berharap bahwa ini akan memotivasi dan menginspirasi sekitar untuk turut melestarikan lingkungan”., ungkapnya.

“Tentu saja penanaman pohon ini dapat berhasil dengan sinergi semua pihak, yang dalam hal ini Taman Nasional Baluran, Pemerintah Kabupaten Situbondo, Dinas Lingkungan Hidup, Komunitas serta masyarakat sekitar.”, pungkasnya.

 

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved