Berita Banyuwangi

Peringati Hari Pahlawan, Komunitas di Banyuwangi ini Gelar Beragam Kegiatan Sosial

Komunitas di Banyuwangi ini memilih menggelar beragam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat untuk memperingati Hari Pahlawan

Editor: Ndaru Wijayanto
istimewa
Kegiatan sosial yang digelar oleh komunitas di Banyuwangi untuk memperingati Hari Pahlawan 2022. 

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Dalam rangka memaknai Hari Pahlawan, kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) di Banyuwangi menggelar aksi donor darah.

Mereka juga memberikan apresiasi kepada para guru ngaji serta tukang tambal ban yang selama ini buka 24 jam melayani pengendara.

Ada berbagai komunitas yang turut serta dalam aksi sosial ini, seperti komunitas pemancing, karang taruna Heppiii Community, fans club, hingga pecinta alam dan anak motor Bold Riders.

Komunitas yang terlibat dari fans club AIS Banyuwangi, Aremania Banyuwangi, BOM UI, dan CISC Banyuwangi. Selanjutnya ada komunitas Super Adventure yang terdiri atas CMB, Cocot Simal Jelata, Demonwaves, Semut Gunung Indonesia dan Pendaki Banyuwangi.

Dari komunitas Mancing Mania terdapat Jawami, KPK, Mafia Fishing, Miyabi Fishing, CMB, Rewell, SFM, Angler SOJ dan KFC. Terdapat pula Karang Taruna Heppiii Community Macan Putih, Karang Taruna Segobang, Karang Taruna Arben dan Karang Taruna Pelita Bambu.

Sedangkan untuk komunitas Bold Riders terdapat komunitas motor Vamos, Kracker Banyuwangi dan juga CRF serta puluhan masyarakat umum yang turut mendonorkan darahnya.

"Komunitas ini dalam memaknai Hari Pahlawan kemarin selain donor darah, mereka juga memberikan apresisi kepada beberapa guru ngaji untuk diberikan sembako. Kemudian ada juga yang memberikan tukang pengatur lalu lintas yang ada di pinggir jalan, termasuk juga ke tukang tambal ban yang buka 24 jam," ujar panitia acara Deni Sugiarto, Jumat (2/12/2022).

Baca juga: Sumbang Darah di Hari Pahlawan, Anggota Karta dan Bold Riders Juga Beri Bingkisan untuk Guru

Profesi yang diberikan apresiasi ini dianggap sangat berjasa bagi komunitas maupun masyarakat umum, seperti guru ngaji yang tidak diberi gaji, kemudian pengatur lalu lintas yang keberadaannya juga membantu polisi, termasuk tukang tambal ban yang selalu buka 24 jam, sehingga pengendara bisa merasa tertolong dengan kehadiran mereka.

Program donor darah Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022 ini sudah digelar serentak di seluruh Indonesia Timur mulai 29 Oktober sampai 13 November 2022.

Total ada sebanyak 750 komunitas di lebih dari 82 Kabupaten/Kota di Indonesia Timur.

Jumlah kota ini tersebar di 15 provinsi.Tahun ini kegiatan sosial tersebut mengambil tema kepahlawanan yakni KITA adalah Pahalwan.
Program tersebut menghasilkan 3.085 kantong darah dari total pendaftar 5.894 orang.

Atas raihan ini Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan dua penghargaan sekaligus, yakni pertama penghargaan rekor sebagai donor darah terbesar yang dilakukan komunitas. Kemudian rekor kedua yakni donor di provinsi terbanyak, yakni donor darah secara pararel dalam kurun waktu dua minggu di 15 provinsi. 

Baca juga: Peringati Hari Pahlawan, 9 Komunitas di Blitar Gelar Donor Darah dan Ziarah ke Makam Bung Karno

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved