Kisah Afifah, Siswi Kelas 3 SD yang Raih Medali di Tiga Lomba Matematika Tingkat Internasional

Siswi kelas 3 SD yang bejalar di Kumon, Afifah Fariha Rafasyahlia, menceritakan kisahnya meraih sukses di tiga lomba matematika tingkat internasional.

Penulis: IJS | Editor: Anissa Dea Widiarini
DOK. Kumon
Metode Kumon membuat anak senang akan belajar dan disiplin. 

TRIBUNJATIM.COM – Mencetak prestasi di usia muda adalah suatu kebanggaan yang patut diapresiasi. Pasalnya, dibutuhkan semangat, motivasi, dan kegigihan yang tinggi untuk meraih prestasi tersebut.

Inspirasi meraih prestasi di usia muda dapat dipetik dari kisah Afifah Fariha Rafasyahlia. Di usia yang terbilang masih sangat muda, siswi kelas 3 sekolah dasar (SD) tersebut sukses meraih medali perunggu di tiga lomba matematika tingkat internasional.

Prestasi tersebut ia peroleh pada kompetisi Guangdong Hong Kong Macao Mathematical Olympiad Heat 2020, Guangdong Hong Kong Macao Mathematical Olympiad Heat 2021, dan Thailand International Mathematical Olympiad Heat round 2020-2021.

Tidak hanya matematika, Afifah juga mahir di bidang seni musik. Siswi yang akrab dipanggil Lovely tersebut juga pernah meraih medali emas untuk lomba piano di Yamaha Music Festival 2019, serta medali perak untuk lomba piano dan medali emas untuk lomba biola pada Yamaha Music Festival 2020.

Seluruh prestasi tersebut Afifah dapatkan berkat kegigihannya dalam belajar. Afifah juga mengaku rutin mengikuti beragam kegiatan belajar di luar jam sekolah.

“Selain sekolah, aku memiliki berbagai macam kegiatan, seperti les menggambar, piano, biola, mengaji, dan Kumon. Di Kumon, aku belajar Matematika dan English as Foreign Language (EFL),” cerita Afifah melalui keterangan tertulis, Rabu (23/11/2022).

Afifah sendiri telah mengikuti program belajar Kumon sejak usia empat tahun. Menurutnya, metode belajar di Kumon sangat membantu dia dalam memahami matematika dan bahasa Inggris.

“Alasan Bunda mendaftarkan aku di Kumon dulu adalah agar terbiasa dengan ritme belajar yang teratur walaupun belum bersekolah. Selama di Kumon, aku mengalami naik turun dalam proses belajar. Ada berbagai lembar kerja yang membuatku sangat kesulitan sehingga aku pernah menangis ketika mengerjakan soal,” sambung Afifah.

Metode Kumon sangat berdampak signifikan di hidup Afifah Fariha Rafasyahlia.
Manfaat dari Metode Kumon sangat berdampak signifikan di hidup Afifah Fariha Rafasyahlia.

Meski mengalami kesulitan, Afifah mengaku tidak pantang menyerah. Ia justru semakin bersemangat untuk belajar dan mengerjakan soal latihan secara rutin agar terbiasa dengan persoalan serta materi yang dihadapi.

“Misalnya, pada kelas Math Level B , ada materi penjumlahan dan pengurangan ratusan yang sangat sulit buatku. Lalu, pada kelas Math Level D, ada materi pembagian bilangan ribuan dan aku mendapatkan banyak remedial. Namun, berkat latihan yang rutin dan dibimbing guru di Kumon, aku akhirnya bisa mengerjakan soal-soal Matematika dengan mudah,” tutur Afifah.

Untuk diketahui, metode belajar Kumon merupakan solusi untuk mengembangkan kemampuan belajar matematika yang disesuaikan dengan kemampuan belajar anak.

Di Kumon, anak-anak akan ditempatkan pada beberapa level belajar tanpa mempertimbangkan usia maupun tingkatan kelasnya di sekolah. Penyampaian materi juga dilakukan secara individual sehingga anak dapat lebih fokus belajar.

Dengan metode belajar Kumon, anak juga dilatih untuk belajar menemukan solusi permasalahan secara mandiri. Untuk memastikan anak dapat menguasai setiap materi, anak akan diberikan lembar kerja dengan tingkatan soal dari yang paling mudah sesuai dengan kemampuan anak dan secara bertahap meningkat kesulitannya.

Kunjungi kelas Kumon terdekat bersama anak untuk mendapat kesempatan Tes Penempatan dan konsultasi kondisi belajar anak secara gratis. Apabila cocok, anak dapat mendaftar dan melanjutkan pengembangan kemampuannya dengan Metode Kumon. 

Untuk memperoleh informasi lebih lengkap seputar program Kumon, hubungi WhatsApp Center Kumon Indonesia atau media sosial (medsos) Kumon di Instagram @kumonindonesia dan Facebook Kumon Indonesia Official.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved