Berita Surabaya

Wali Kota Eri Bakal Rekrut 140 Anak Disabilitas untuk Kerja di Pemkot Surabaya Tahun Depan

Pemkot Surabaya menyiapkan alokasi khusus untuk pegawai disabilitas. Tahun depan, Pemkot akan merekrut minimal 140 pegawai dari kalangan disabilitas

Penulis: Bobby Constantine Koloway | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Bobby Constantine Koloway
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Surabaya Rini Indriyani saat menghadiri Peringatan Hari Disabilitas Internasional di Surabaya. 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Bobby Constantine Koloway

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pemkot Surabaya menyiapkan alokasi khusus untuk pegawai disabilitas.

Tahun depan, Pemkot akan merekrut minimal 140 pegawai dari kalangan disabilitas.

Saat ini, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi telah menginstruksikan seluruh Perangkat Daerah (PD) di lingkungan Pemkot Surabaya untuk menyiapkan formasi yang bisa diisi para disabilitas. Minimal, tiap PD bisa merekrut 2 orang disabilitas.

“Jika PD nya ada 70, berarti nanti ada sebanyak 140 orang yang bisa bekerja di Pemkot Surabaya dan menjadi bagian di Pemkot Surabaya," kata Cak Eri di Surabaya, Sabtu (3/12/2022).

Dalam persyaratannya, disabilitas tersebut merupakan warga Surabaya. "Namun, tetap dengan cek dan tes kemampuan sesuai dengan tugas mereka nantinya. Insyaallah ini akan kita jalankan di tahun depan,” kata mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya ini.

Ini menjadi komitmen Pemkot memberi keadilan bagi seluruh warga. Dengan memiliki kemampuan khusus, para disabilitas tetap memilih hak yang sama untuk bekerja di Pemkot.

"Kami memberikan hak yang sama bagi mereka. Surabaya ini milik semuanya, Surabaya ini milik semua agama dan milik semua umat manusia. Inilah Kota Surabaya yang penuh guyub dan rukun,” katanya.

Sebagai dukungan kepada para keluarga yang merawat disabilitas, Pemkot juga menyiapkan acara khusus disabilitas di halaman Balai Kota Surabaya. Pada peringatan Hari Ibu di 22 Desember mendatang, ia akan menyiapkan acara bagi ibu ini yang merawat anak-anak disabilitas.

Di acara ini, ia juga akanmengajak anak-anak disabilitas melihat ruang kerjanya. “Nanti dalam acara itu saya juga ingin mengajak anak-anak disabilitas itu untuk masuk dan melihat-lihat kantor dan ruangan Wali Kota Surabaya," katanya.

Di bidang ekonomi, Wali Kota tengah merancang tempat pemasaran produk UMKM bernama Surabaya Kriya Galeri (SKG) khusus penyandang disabilitas. Ini akan menjadi wadah memasarkan hasil karya produk mereka di Kota Pahlawan.

Ia mencontohkan berbagai produk penyandang disabilitas berkualitas tinggi. Diantaranya, produk batik hingga kerajinan lainnya.

Menurutnya, produk yang dipamerkan itu sejalan dengan komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dalam mengembangkan keterampilan penyandang disabilitas.

Apalagi, saat ini Pemkot juga menyiapkan tempat pelatihan bagi penyandang disabilitas di Rumah Anak Prestasi di kawasan Nginden Semolo, Surabaya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved