Pilpres 2024

Elektabilitas Ganjar, Prabowo dan Anies Makin Kompetitif, SRS Singgung Soal Kendaraan Politik

Persaingan tiga nama di papan atas bursa Pilpres 2024 yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin menunjukkan angka elektabilita

TribunJatim.com/ Yusron Naufal Putra
Salah seorang peneliti senior SRS, Tony Prawira Adi 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Persaingan tiga nama di papan atas bursa Pilpres 2024 yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin menunjukkan angka elektabilitas yang kompetitif. 

Bahkan, dalam survei terbaru yang dikeluarkan oleh Surabaya Research Syndicate (SRS) periode November 2022 selisih angka ketiganya kurang dari 1 persen. 

Secara berurutan, angka elektabilitas yang terekam dalam Survei SRS itu adalah Ganjar 24,7 persen, Prabowo 23,9 persen dan Anies dengan elektabilitas 23,2 persen. Survei ini digelar pada 4 hingga 14 November 2022 di 34 provinsi di seluruh Indonesia. 

Melibatkan 1200 responden dengan multistage random sampling, margin of error dalam survei ini memakai ± 2,8 persen dan pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

"Bahwa persaingan capres 'tiga besar' yakni Ganjar, Prabowo, Anies cenderung semakin ketat. Sehingga secara metodologi sulit menyebutkan siapa diantara ketiganya yang berada di ranking pertama, kedua dan ketiga," kata salah seorang peneliti senior SRS Tony Prawira Adi dikutip dalam paparan survei terbarunya. 

Baca juga: Survei SRS Sebut Ridwan Kamil Capres Paling Disukai Publik, Kinerja Jadi Daya Tarik

Tingginya elektabilitas itu, lanjut Tony, semakin ditambah dengan tingkat kemantapan pilihan responden yang semakin tinggi.

Dalam temuan surveinya ini, kemantapan pilihan pada tiga figur potensial tersebut berada diatas 60 persen. 

Secara politik, problem ketiga tokoh tersebut nampaknya bukan lagi soal elektabilitas, namun lebih pada kendaraan politik.

Khususnya untuk Ganjar dan Anies. Sebab, Prabowo diketahui merupakan Ketua Umum Partai Gerindra. 

Sementara Ganjar diketahui merupakan kader PDI Perjuangan. Hingga saat ini, partai berlambang kepala banteng moncong putih itu belum memutuskan siapa capres yang akan diusung sebagai suksesor Jokowi periode mendatang. 

Sedangkan Anies yang merupakan mantan Gubernur DKI Jakarta memang telah didukung oleh Partai NasDem. Namun, harus berkoalisi untuk menjadi gerbong pengusung. 

"Problem ketiga tokoh tersebut nampaknya bukan lagi soal elektabilitas, namun lebih pada kendaraan politik khususnya untuk Ganjar dan Anies," jelas Tony menambahkan. 

Disisi lain, lembaga SRS juga merilis hasil survei kepada responden tentang siapa figur yang potensial untuk menjadi Wapres RI periode 2024-2029 mendatang.

Hasilnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil paling banyak disebut oleh responden dengan perolehan 23,8 persen kemudian diikuti Sandiaga Uno dengan 18,7 persen. 

"Tokoh lain yang punya tingkat keterpilihan cukup signifikan sebagai cawapres adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Jenderal Moeldoko, yakni dengan perolehan masing-masing 12,4 persen dan 10,5 persen,"  jelasnya. Selain nama tersebut sejumlah tokoh juga potensial namun elektabilitas berada dibawah 10 persen

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved