Berita Jatim

Terungkap Alasan Sekumpulan Remaja Pilih Jadi Anggota Gangster, Contoh Figur Idola?

Akhir pekan menjadi waktu bagi para gangster atau sekumpulan orang yang membuat rusuh demi eksistensi beraksi.

Penulis: Willy Abraham | Editor: Januar
ISTIMEWA
Ilustrasi gangster yang meresahkan masyarakat 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Willy Abraham


TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Akhir pekan menjadi waktu bagi para gangster atau sekumpulan orang yang membuat rusuh demi eksistensi beraksi.

Polisi di wilayah Surabaya dan daerah penyangga melakukan antisipasi para gangster yang mayoritas beranggotakan remaja tanggung.

Dari video yang beredar, mereka konvoi mengendarai kendaraan roda dua, berboncengan tanpa mengenakan helm dan membawa senjata tajam. Secara bergerombol menyusuri jalan dan sudut kota saat malam hari dan membuat pengendara lain takut.

Dekan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Gresik, Awang Setiawan Wicaksono mengaku telah melihat video tersebut. Munculnya fenomena gangster ini terkait fenomena ini bisa jadi terdapat banyak sudut pandang.

"Salah satunya dikarenakan masa remaja merupakan masa individu untuk melakukan pencarian identitas diri. Dan aktifitas ini bisa jadi didominasi oleh proses *modeling* (mencontoh perilaku dari figur tokoh idola yg ada disekitarnya) dan proses *imitasi* (peniruan perilaku atau aktifitas tertentu yang menarik perhatian mereka)," ujarnya, Jumat (9/12/2022).

Kedua, proses di atas menjadi rentan apabila proses imitasi terjadi pada perilaku anarkis. Perilaku ini kadangkala dianggap sebagai simbol keberanian atau sebagai simbol perlawanan terhadap aturan yang mengekang mereka dalam keseharian yang mereka rasakan yang tidak bisa mereka lawan.

"Maka mereka akan menjadikan perilaku anarkis ini sebagai perilaku yang mereka anggap sebagai bentuk pemberontakan mereka atau bentuk perwujudan ekspresi agresi dalam dirinya atas "kekangan" situasi yang mereka rasakan. Pendapat diatas merupakan salah satu sudut pandang saja dan sangat mungkin akan ada banyak sudut pandang yang lain yang bisa jadi berbeda dengan pendekatan dan paradigma yang berbeda," imbuhnya.

Baca juga: Cara Polisi Antisipasi Gangster Masuk Gresik, Datangi Sekolah dan Beri Arahan ke Pelajar


Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved