Berita Kediri

Pemkab Kediri Akan Optimalisasi Penggunaan Gerai Rumah Inkubasi UMKM untuk Mendorong Sektor Industri

Pemkab Kediri melakukan optimalisasi pemanfaatan Gerai Rumah Inkubasi (Garasi) UMKM supaya tidak terbatas sebagai tempat pelatihan. 

TRIBUNJATIM.COM/MELIA LUTFHI HUSNIKA
Salah satu Gerai Rumah Inkubasi (Garasi) UMKM yang terletak di wilayah Pare, Kabupaten Kediri. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luthfi Husnika

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Pemkab Kediri melakukan optimalisasi pemanfaatan Gerai Rumah Inkubasi (Garasi) UMKM supaya tidak terbatas sebagai tempat pelatihan. 

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Kopusmik) Kabupaten Kediri Mamiek Amiyati mengakui, selama ini keberadaan Garasi UMKM masih sebatas dijadikan sebagai tempat pelatihan. 

Dalam hal ini, Garasi UMKM sebagai wadah memfasilitasi usaha mikro menjadi usaha kecil dalam pengembangan produksi dan pengolahan. Termasuk penguatan kualitas produk, kemasan, SDM, manajemen usaha dan keuangan.

"Memang kita belum bisa benar-benar optimal, tapi kita ada pilot project untuk yang di Pare kita buatkan lapak-lapak nanti kita jadikan tempat kuliner untuk teman-teman UMKM di Pare," katanya, Senin (12/12/2022).

Selain lapak untuk kuliner, selanjutnya pihaknya juga menyiapkan pusat oleh -oleh produk dari UMKM terutama di daerah sekitar. Adapun pengelolaannya dilakukan oleh pelaku UMKM berdaya. 

"Kita arahkan untuk UMKM yang anggotanya kebanyakan anak muda, karena kalau anak muda biasanya mereka lebih kreatif dan inovatif," ungkapnya.

Baca juga: Wali Kota Blitar Disekap Rampok, Uang Rp400 Juta dan Perhiasan Raib, Pelaku Diperkirakan 4-5 Orang

Langkah yang dilakukan Dinas Kopusmik itu menindaklanjuti dorongan Bupati Hanindhito Himawan Pramana yang sebelumnya meminta supaya keberadaan Garasi UMKM dimaksimalkan pemanfaatannya.

Dalam kepemimpinannya, sejak 2021 Mas Dhito telah mendirikan Garasi UMKM di tiga kecamatan meliputi Kecamatan Papar, Pare dan Grogol. Mas Dhito melihat selama ini rumah inkubasi yang sudah ada kadang terlihat ramai, kadang sepi. 

"Cara memaksimalkannya harus ada lapak-lapak yang disediakan untuk pedagang, UMKM kita di gerai inkubasi yang ada di Kabupaten Kediri," pungkasnya

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved