Lebih Seribu UMKM Toko Kelontong Ramaikan Pesta Retail Djawa Timoer

Lebih seribu UMKM toko kelontong ikut meramaikan Pesta Retail Djawa Timoer 2022 untuk menggerakkan perekonomian.

Editor: Ndaru Wijayanto
istimewa
Sampoerna Retail Community menggelar Pesta Retail Djawa Timoer 2022, di lapangan Parkir Lotte Grosir, Waru, Sidoarjo, Sabtu (17/12/2022). 

TRIBUNJATIM.COM – PT HM Sampoerna Tbk melalui PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) mendukung transformasi dan digitalisasi bagi UMKM toko kelontong melalui Sampoerna Retail Community (SRC).

Upaya ini berdampak positif  menggerakkan perekonomian dan meningkatkan kontribusi sektor UMKM.

Saat ini, terdapat lebih dari 225.000 toko kelontong tradisional di seluruh Indonesia yang telah bergabung dengan SRC dan mendapatkan pembinaan untuk mengembangkan usahanya agar lebih berdaya saing. Mereka siap bersaing sesuai kebutuhan zaman dan turut mendukung perekonomian Indonesia.

Untuk merayakan kesuksesan toko kelontong SRC memberi dampak positif bagi masyarakat, SRCIS menggelar Pesta Retail Djawa Timoer 2022, di lapangan Parkir Lotte Grosir, Waru, Sidoarjo, Sabtu (17/12/2022). 

Acara ini bagian dari rangkaian Pesta Retail terbesar di Indonesia yang digelar mulai 26 November hingga 18 Desember 2022.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur, Andromeda Qomariah  memberikan apresiasi terhadap upaya pengembangan toko kelontong yang dilakukan oleh SRC. Ia berharap, pengembangan UMKM ini akan terus berjalan dan semakin luas.

“Bukan hanya di dalam penyediaan produk-produk pabrikan, tapi juga dalam memasarkan produk-produk unggulan lokal sehingga ada sinergi antara produk-produk pabrikan dengan produk-produk lokal yang berada di suatu daerah,” ujarnya. 

Dikatakan, UMKM membutuhkan bantuan legalitas, digitalisasi, serta peningkatan sumber daya manusia dan produksi agar dapat naik kelas.

Dengan demikian, toko kelontong dapat bergerak hingga ke tingkat nasional dan global.

Menurutnya, SRC, yang didukung dengan komunitas yang kuat, dapat membuat ekonomi di Jatim dan Indonesia makin tumbuh dan berkembang.

Direktur Penjualan Sampoerna Ivan Cahyadi mengatakan, selama lebih dari 14 tahun eksis di Indonesia, Toko Kelontong SRC membawa transformasi yang progresif pada sektor UMKM nasional sehingga dapat secara konsisten berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi.

“Toko kelontong SRC di seluruh Indonesia juga ikut berpartisipasi dalam menopang PDB, di mana kontribusinya mencapai Rp 69,3 triliun atau setara 4,1 persen terhadap total PDB ritel nasional,” katanya. 

Dengan peran yang sangat strategis dalam perekonomian Indonesia, lanjut  Ivan, perlu ada kolaborasi antara seluruh pemangku kepentingan agar sektor UMKM, khususnya toko kelontong, semakin maju. Ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk memperkuat sektor UMKM di Indonesia.

“Penguatan peran UMKM ini akan mengokohkan kesiapan Indonesia dalam menyongsong situasi ekonomi yang dinamis pada 2023. SRC juga telah bersiap untuk itu,” jelasnya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved