Berita Madura

Cuaca Ekstrem di Bangkalan Sebabkan 1 Rumah Tertimpa Pohon, BPBD Gerak Cepat Evakuasi

BPBD Bangkalan sigap untuk menerima laporan masyarakat dampak angin puting beliung hingga pohon tumbang.

Penulis: Ahmad Faisol | Editor: Arie Noer Rachmawati
TRIBUNJATIM.COM/AHMAD FAISOL
Meski berjumlah terbatas, personel Tim Reaksi Cepat BPBD Bangkalan tetap sigap hingga malam melakukan evakuasi terhadap pohon tumbang akibat terjangan cuaca ekstrem di Desa Martajasah, Kelurahan Mlajah, Rabu (21/12/2022) 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Ahmad Faisol

TRIBUNJATIM.COM, BANGKALAN - Keterbatasan jumlah personel di tengah terjangan cuaca ekstrem membuat Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangkalan, Geger Hery Susianto memerintahkan semua personelnya tidak mematikan ponselnya.

Ultimatum itu disampaikan Hery untuk memastikan agar semua laporan masyarakat terkait dampak dari bencana angin puting beliung yang disertai hujan lebat dan sambaran petir bisa segera ditindaklanjuti.

“Dari total 22 personel termasuk agen bencana dari Surabaya, terus terang TRC (Tim Reaksi Cepat) kami yang di lapangan hanya berjumlah 5 orang. Tetapi kami menegaskan kepada teman-teman jangan sampai HP off dan selalu memantau atau mendengarkan apa yang disampaikan masyarakat,” ungkap Hery kepada Tribun Jatim Network, Rabu (21/12/2022) malam.

Satu jam sebelumnya, hujan lebat dan angin kencang disertai sambaran petir menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Bangkalan.

Dari hasil assessment, pihak BPBD Bangkalan telah menginventarisir sejumlah 5 titik terdampak bencana cuaca ekstrim.

Dua pohon tumbang; satu pohon di Desa Martajasah, Kelurahan Mlajah dan satu pohon tumbang menimpa sebuah rumah di Desa Jaddih, Kecamatan Socah.

Baca juga: Jumlah Pengunjung Wisata Alam di Dlundung dan Padusan Mojokerto Anjlok, Efek Cuaca Ekstrem

Baca juga: BMKG Juanda: Puncak Musim Hujan di Jatim Februari 2023, Warga Diimbau Tetap Waspada Cuaca Ekstrem

Selain itu, ranting pohon ambruk hingga mengganggu kelancaran lalu lintas terjadi di Jalan KH Moh Kholil, di Jalan Halim Perdana Kusuma, dan di Jalan Raya Desa Buluh, Kecamatan Socah.

“Kendati tidak menimbulkan korban jiwa, namun seorang pengendara motor kami larikan ke Anna Medika karena tertimpa ranting pohon di Jalan Halim Perdana Kusuma,” jelas Hery.

Dengan kejadian yang menyebar di beberapa titik itu, Hery harus berpikir keras untuk memaksimalkan keterbatasan jumlah personel yang ada.

“Jadi kami memang sangat-sangat kurang. Meski demikian, kami tetap siaga dan waspada,” pungkasnya. 

Baca juga: Pohon Tumbang Timpa Mobil Sedan di Jember, Sopir Tewas di Lokasi, 3 Penumpang Terluka

Berita Madura lainnya

Informasi lengkap dan menarik lainnya di GoogleNews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved