Berita Jatim

Pacet Mojokerto Diterjang Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Bangunan Sekolah, Rumah Warga Rusak

Hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan pohon tumbang menimpa bangunan sekolah SMPN 3 di Desa Kembangbelor, Kecamatan Pacet, Mojokerto

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Januar
Istimewa/ BPBD Mojokerto
Petugas mengevakuasi pohon tumbang yang menimpa bangunan kelas di sekolah SMPN 3, Desa Kembangbelor, Kecamatan Pacet, Sabtu (21/1/2023). 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, M Romadoni

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO- Fenomena hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan pohon tumbang menimpa bangunan sekolah SMPN 3 di Desa Kembangbelor, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Sabtu (21//1/2023).

Pohon jenis Angsana diameter sekitar 60 itu roboh menimpa ruangan kelas hingga merusak atap bangunan tersebut.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Mojokerto, Djoko Supangkat menjelaskan dari keterangan warga setempat terjadi angin kencang di kawasan Desa Kembangbelor, sekitar pukul 15.05 WIB.

Hujan lebat disertai angin kencang itu menyebabkan pohon tumbang yang merusak fasilitas umum salah satunya bangunan sekolah di SMPN 3 Pacet.

"Atap kelas SMPN 3 di Desa Kembang Belor rusak sedang tertimpa pohon Angsana," jelasnya, Sabtu (21/1).

Djoko mengatakan akibat angin kencang juga merusak kubah Masjid di Ponpes Amanatul Ummah dan atap satu rumah warga Dusun Paras, Desa Kembangbelor.

"Kubah masjid di Ponpes rusak sedang dan rumah warga di RR2/RW3 Dusun Paras, satu rumah kondisinya rusak berat di bagian atap dan rudak sedang," terangnya.

Ia mengungkapkan saat ini petugas gabungan dari BPBD, TNI/POLRI, potensi relawan bersama masyarakat dan pihak sekolah melakukan evakuasi pohon tumbang di sekolah SMPN 3 Pacet.

"Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam musibah angin kencang ini," ungkapnya.

Ia mengimbau masyarakat agar tetap waspada terkait potensi cuaca ekstrem di wilayah Kabupaten Mojokerto

"Berdasarkan update BMKG masih berpotensi hujan lebat disertai angin dan petir di wilayah Pacet," ucap Djoko.

Dikonfirmasi terpisah Kepala Bidang Sarana Prasarana (Sarpras) Sekolah Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto, Adi Mahendarto mengatakan pihaknya telah menerima laporan terkait peristiwa angin kencang yang merusak atap bangunan kelas SMPN 3 Pacet.

"Saya lagi menghimpun laporan dari kepala sekolah terkait kerusakan atap bangunan kelas yang rusak tertimpa pohon untuk penanganan lebih lanjut," pungkasnya.

Baca juga: Gresik Diterjang Hujan Lebat dan Angin Kencang, Tiang Listrik dan Pohon Tumbang ke Jalan Raya

 

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved