Berita Surabaya

DPRD Dukung Revitalisasi Pasar Tradisional, Reni Astuti: Ikuti Aspirasi Pedagang dan Pengunjung

DPRD Kota Surabaya mendukung upaya revitalisasi pasar tradisional yang akan dimulai tahun ini.

Penulis: Nuraini Faiq | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Nuraini Faiq
PASAR - Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Reni Astuti bersama Direksi PD Pasar Surya saat meninjau aktivitas Pasar Pabean Surabaya, Kamis (19/1/2023). 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Nuraini Faiq

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - DPRD Kota Surabaya mendukung upaya revitalisasi pasar tradisional yang akan dimulai tahun ini.

Pasar tradisional yang menyebar di setiap wilayah harus terus menjadi penggerak ekonomi warga. Aktivitas pasar tradisional harus bergairah, nyaman, dan aman.

Rencananya akan ada minimal empat pasar tradisional yang 2023 ini akan direvitalisasi dengan merombak dan membenahi konstruksi bangunan hingga mengubahnya.

Namun belum diketahui model dan bentuk gedung pasar yang akan direvitalisasi ini, karena masih dalam tahap persiapan.

Pasar-pasar yang akan diremajakan dan dibangun ulang itu adalah Pasar Pabean, Pasar Kendangsari, Pasar Kembang, Pasar Tunjungan, Pasar Pucang, dan Pasar Pegirian.

Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti meninjau keberadaan Pasar Pabean, salah satu pasar yang bergeliat dengan lokasi yang luas. Aneka kebutuhan pokok, perabotan rumah tangga, konveksi, sayur, hingga aneka ikan segar ada di pasar ini.

Reni meninjau Pasar Pabean ditemani Dirut PD Pasar Surya Agus Priyo dan jajarannya. Pasar yang dibangun di era Belanda ini masih utuh dan terus menggeliat dengan pengunjung dari berbagai kalangan.

"Pasar ini komplet dan ikonik karena salah satu pasar paling tua. Pasar ini sangat luas. Bagaimana kalau Pasar Pabean ini direvitalisasi dengan menggabungkan konsep wisata dan ekonomi kerakyatan," kata Reni usai meninjau Pasar Pabean.

Pasar Pabean bahkan ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya, karena pasar ini sudah beroperasi sejak tahun 1849. Karena kompletnya, Reni pun tertantang meninjau setiap stan.

Jarak antar satu blok stan pedagang dengan yang lainnya cukup jauh. Belum lagi pasar ikan yang ada di sisi belakang.

Di Pasar Pabean, tidak hanya aktivitas para pedagang, para pekerja lepas di pasar juga merasakan sumber penghasilan.

Reni mengaku belum mengetahui konsep atau roadmap detail revitalisasi pasar. Menurut Reni, pasar itu potensi ekonomi yang luar biasa  . 

Ikuti Kepentingan Pedagang

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved