TribunJatim/

Tahun Baru Imlek

Jelang Imlek, Klenteng Tjoe Hwie Kiong di Kota Kediri Bersolek

Menjelang perayaan perayaan Imlek 2.569, Klenteng Tjoe Hwie Kiong di Jl Yos Sudarso, Kota Kediri terus bersolek.

Jelang  Imlek, Klenteng Tjoe Hwie Kiong di Kota Kediri Bersolek
Surya/Didik Mashudi
Tjoe Hwie Kiong di Jl Yos Sudarso, Kota Kediri terus bersolek. 

 TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Menjelang perayaan perayaan Imlek 2.569, Klenteng Tjoe Hwie Kiong di Jl Yos Sudarso, Kota Kediri terus bersolek.

Setelah membersihkan barang-barang keagamaan juga mengecat bangunan klenteng, Rabu (14/2/2018).

Sejumlah pekerja tampak mengecat teras klenteng yang didominasi warna merah. Sementara umat lainnya tampak membersihkan ornamen dan ukiran yang ada di klenteng.

Menurut Prayit, pengurus Klenteng Tjoe Hwie Kiong menjelaskan, bersih-bersih klenteng dan altar telah dilakukan sejak 9 Februari 2018. Umat bergotong royong membersihkan lingkungan klenteng yang berlokasi di Bantaran Sungai Brantas.

"Umat juga melakukan ibadah Sung Shen, menghantar Para Shen Ming naik menghadap pada Thian, Tuhan yang Maha Esa," jelasnya.

Baca: Razia Puluhan Pasangan Mesum di Hotel Surabaya, Ada yang Bawa Balita Hingga Disabilitas

Sementara sembahyang tutup tahun Imlek 2.568 dilakukan pada 15 Februari pukul 19.30 WIB. Sedangkan sembahyang awal tahun Imlek 2.569 dilakukan mulai pukul 24.00 WIB hingga selesai.

Sementara untuk kegiatan hiburan menyambut tahun baru Imlek ada pagelaran tarian Barongsai. Malam menjelang pergantian tahun juga dimeriahkan dengan pesta kembang api.

Berdasarkan catatan di Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan, Mojokerto, Klenteng Tjoe Hwie Kiong dibangun mulai 1.817. Bangunan Klenteng ini sudah beberapa kali dilakukan rehab perbaikan. (Surya/Didik Mashudi)

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help