Tiket Masuk Dinaikkan, Pengunjung Obyek Wisata Sarangan Langsung Turun Drastis

Kenaikan tiket wisata Sarangan tanpa koordinasi akhirnya menjadi bumerang bagi pengunjung.

Tiket Masuk Dinaikkan, Pengunjung Obyek Wisata Sarangan Langsung Turun Drastis
SURYA/DONI PRASETYO
Taman Wisata Telaga Sarangan 

TRIBUNJATIM.COM, MAGETAN - Kunjungan wisatawan ke obyek wisata Telaga Sarangan langsung turun drastis alias tak laku. Ini setelah Pemkab Magetan menaikkan tiket masuk lebih 150 persen dari sebelumnya, tanpa koordinasi dengan pelaku wisata setempat.

"Mayoritas warga Sarangan ini menggantungkan hidup dari obyek wisata, kalau semakin lama Sarangan tidak ada wisatawan yang datang, kami sudah sepakat akan demo ke Bupati dan DPRD," ujar Nisan, Sekretaris Jenderal BPC PHRI Kabupaten Magetan, didampingi Wakil Ketua Persatuan Organisasi Sarangan (Porwis) Supriyono, kepada Surya, Rabu (30/5/2018).

Menurut Nisan, kenaikkan tiket masuk obyek wisata Sarangan dengan mengacu Peraturan Bupati (Perbup) no 55 tahun 2017 itu, tanpa sepengetahuan dan melibatkan seluruh pelaku wisata.

Mulai PHRI, rental kuda, perahu, usaha kuliner (pecel, sate, bakso), Persatuan Pedagang Warga Sarangan (PPWS), tukang foto dan pemandu wisata yang seluruhnya tergabung di Porwis itu.

"Kami sudah berusaha menurunkan tiket masuk yang tidak masuk akal itu dengan mendatangi DPRD, Bupati dan Dinas Pariwisata, tapi sampai hari ini belum ada tanggapan. Kami memberikan tenggat waktu, untuk penurun harga tiket masuk rasional. Bila tetap tidak ditanggapi, kami akan demo ke Bupati dan DPRD," tegasnya, dibenarkan Supriyono pemilik hotel Nirwana ini.

Saat ini tarif masuk obyek wisata Sarangan untuk orang dewasa sebesar Rp 20. 000, dan anak anak Rp 15.000. Harga tiket masuk itu sudah termasuk asuransi Jasa Raharja Putra sebesar Rp 1000.

Sedang untuk sepeda motor Rp 2000, mobil Rp 5000, dan bus/truk Rp 10.000. Sebelumnya harga tiket masuk obyek wisata Sarangan, untuk pengunjung dewasa sebesar Rp 8.500 per orang dan anak-anak sebesar Rp 6.500 per orang.

"Sejak kenaikan tiket diberlakukan per 1 Januari 2018 lalu, kami dari PHRI dan Porwis melakukan studi banding ke obyek wisata pantai Baron, Parangtritis, Gunungkidul, Yogya yang terkenal itu. Disana, tiket masuk hanya Rp 6750 untuk orang dewasa, dari sebelumnya Rp 5.000. Jadi, kenaikkan hanya Rp 1750," jelasnya.

Untuk itu, pihaknya minta Perbup kenaikkan tiket masuk Sarangan dicabut. "Karena, akibat Perbup itu, usaha warga Sarangan seluruhnya menjadi sepi," tegas pemilih hotel Sedap Malam ini.

Selama 10 tahun, fasilitas hiburan di obyek wisata Sarangan tidak ada penambahan dari Pemkab Magetan.

Halaman
12
Penulis: Doni Prasetyo
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help