Lebaran 2018

Jadwal Pengumuman Hari Raya Idul Fitri 2018, Pantauan Hilal Digelar di 97 Titik, Catat Tanggalnya!

Kementerian Agama akan menyelenggarakan sidang isbat penentuan awal bulan Syawal di Auditorium Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (14/6/2018).

Jadwal Pengumuman Hari Raya Idul Fitri 2018, Pantauan Hilal Digelar di 97 Titik, Catat Tanggalnya!
TRIBUNFILE/IST
Ilustrasi Idul Fitri 

TRIBUNJATIM.COM - Umat Islam kini tengah menanti pengumuman 1 syawal 1439 H atau Hari Raya Idul Fitri 2018.

Penentuan Hari Raya Idul Fitri akan dilakukan setelah hilal dan sidang Isbat.

Dilansir dari Kompas.com, Kementerian Agama akan menyelenggarakan sidang isbat untuk menentukan awal bulan Syawal di Auditorium Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (14/6/2018).

"Sidang akan dimulai pukul 16.30 WIB, diawali dengan paparan Tim Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal secara astronomis menjelang awal Syawal 1439H," ujar Dirjen Bimas Islam Kemenag, Muhammadiyah Amin, di Jakarta, Senin (11/6/2018), dikutip dari Kompas.com.

Baca: Berulang Tahun, Dandanan Adik Ayu Ting Ting Disoroti, Sampai Dikira Bridal Shower, Lihat Fotonya!

Baca: Billy Syahputra Beli Mobil Baru, Tingkah Hilda Vitria Panen Kritik, Lihat Reaksinya saat Minta Kunci

Proses sidang Isbat, menurut Amin, dijadwalkan berlangsung selepas salat Maghrib, usai diterimanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.

"Sebagaimana biasa, sidang Isbat berlangsung tertutup. Hasil keputusannya akan disampaikan secara terbuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam konferensi pers setelah sidang isbat," sambung Amin.

ilustrasi. SIDANG ISBAT - Menteri Agama Lukman Hakim Saifddin bersama perwakilan ormas, pemuka agama dan perwakilan negara tetangga ketika jumpapers usai menggelar sidang isbat guna menentukan hari raya Idul Fitri yang jatuh pada 1 Syawal 1437 H di Kemenag Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (4/7/2016). Berdasarkan hasil sidang, Menteri Agama Lukman Hakim Syarifudin menyatakan, 1 syawal 1437 H jatuh pada hari Rabu, 6 Juli 2016.
ilustrasi. SIDANG ISBAT - Menteri Agama Lukman Hakim Saifddin bersama perwakilan ormas, pemuka agama dan perwakilan negara tetangga ketika jumpapers usai menggelar sidang isbat guna menentukan hari raya Idul Fitri yang jatuh pada 1 Syawal 1437 H di Kemenag Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (4/7/2016). Berdasarkan hasil sidang, Menteri Agama Lukman Hakim Syarifudin menyatakan, 1 syawal 1437 H jatuh pada hari Rabu, 6 Juli 2016. (Warta Kota/henry lopulalan )

Sidang isbat akan dihadiri oleh Duta Besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Lalu akan hadir pula Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama; dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

Pantauan terhadap hilal dilaksanakan di 97 titik pemantauan yang tersebar di 34 Provinsi di seluruh Indonesia.

"Kami telah mengirim petugas rukyatul hilal yang akan bekerja sama dengan Kakanwil dan ormas untuk melakukan pemantauan hilal di 97 titik yang telah ditetapkan,"tutur Amin.

Baca: Sebelum Suami Dikabarkan Ditangkap, Rumah Tangga Artis Dina Lorenza Diisukan Retak, Begini Reaksinya

Baca: Jangan Sampai Lupa, Ini Dia Tata Cara, Niat Serta Manfaat Membayar Zakat Fitrah di Bulan Ramadan

Halaman
123
Penulis: Ani Susanti
Editor: Ani Susanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved