Home »

Jatim

Pilgub Jatim 2018

Kampanye di Kampung Halaman SBY, Khofifah Janji Kembangkan Ekonomi Pacitan Lewat Pariwisata

Rendahnya ekonomi di Pacitan jadi keprihatinan Khofifah yang berjanji akan secepatnya menyulapnya.

Kampanye di Kampung Halaman SBY, Khofifah Janji Kembangkan Ekonomi Pacitan Lewat Pariwisata
SURYA/FATIMATUZ ZAHROH
Cagub Khofifah Indar Parawansa saat blusukan dan menyapa pedagang di Pasar Bandar Pacitan, Selasa (12/6/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, PACITAN - Kabupaten Pacitan menjadi daerah yang ekonominya masih rendah di Jawa Timur. Oleh sebab itu, calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 1 berkomitmen untuk meningkatkan ekonomi Pacitan dengan mendorong kemajuan sektor pariwisata dan UMKM.

Hal itu disampaikan Khofifah dalam kunjungan dan kampanye di Pacitan, kampung halaman Presiden Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Selasa (12/6/2018). Khofifah menyatakan meski ekonomi Pacitan tertinggal bukan berarti Pacitan tidak memiliki potensi untuk dikembangkan.

Salah satunya adalah potensi pariwisata. Dikatakan mantan Menteri Sosial ini, potensi wisata alam Pacitan luar biasa. Ada banyak pantai yang sejatinya sangat indah namun belum tersokong oleh infrsatruktur yang memadai.

Baca: Dipandegani Mantan Wali Kota Malang, Ormas Garda Pancasila Dukung Khofifah-Emil

Disampaikan Khofifah, banyak wisata pantai di Pacitan yang justru lebih mudah diakses dari luar Pacitan. Seperti dari Jogja dan Solo, padahal jika diakses lewat Pacitan sendiri, maka akan memajukan dan membngkitkan ekonomi Pacitan.

"Maka pembangunan jalan lintas selatan ini penting untuk diselesaikan. Jalan ini akan membuat akses di sejumlah wilayah di Pacitan, dan kalau akses jalan ini dikembangkan maka ekonomi di sekitar pembangunaj infratruktur akan ikut maju," ucap wanita yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU ini.

Selain akses jalur darat, Khofifah juga mendorong pembangunan bandara di Kediri. Yang tentunya mempermudah akses menuju ke Pacitan, Trenggalek, Tulungangung dan sekitarnya.

"Jadi meninjaunya bukan hanya dari Pacitan saja tapi menyeluruh juga," imbuh Khofifah.

Baca: Ulama dan Lora di Sampang Makin Mantapkan Dukungan untuk Gus Ipul-Mbak Puti

Memajukan sektor wisata dikatakan Khofifah adalah cara yang banyak dilakukan di banyak daerah dan juga negara maju untuk bisa menumbuhkan ekonomi wilayah yang tertinggal.

Terlebih jika wisatanya mampu menarik wisatawan dari mancanegara. Secara otomatis akan mendatangkan devisa bagi daerah tersebut.

Selain mengunjungi Pasar Bandar, sowan ke tokoh masyarakat di Kasepuhan Kalijaga, Pondok Pesantren Tremas, Khofifah juga berkunjung ke UKM Sumber Waras dan Produk Peternakan Sapi Perah di Dusun Nanggungan Desa Tahunan Tegalombo Kabupaten Pacitan.

"UKM di Tegalombo ini ternyata sudah masuk ke produk unggulan dalam membuat jamu herbal, namun ternyata masih ada masalah untuk industri rumahan yaitu terkait perizinan BPOM dan juga sertifikasi halal," kata Khofifah.

Baca: 12 Pengawal Pribadi Kim Jong Un ini Sekilas Tampak Lucu, Padahal Kemampuanya Bikin Decam Kagum

Oleh sebab itu, kelak jika terpilih sebagai gubernur Jawa Timur, Khofifah berkomitmen untuk membantu para pelaku UKM agar bisa berdaya. Lewat nawa bhakti satya lewat program Jatim Berdaya. Khofifah akan membantu pengurusan izin BPOM dan sertifikasi halal sehingga meningkatkan kualitas produk UKM di Pacitan dan Jawa Timur.

"Kalau sudah ada izinnya, mereka ketika memasarkan prpduk lewat online akan lebih mudah dan akan dipercaya oleh konsumen," pungkas Khofifah. (Surya/fatimatuz zahroh)

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help