UNICEF Dorong Cuti Hamil dan Kelahiran Berbayar untuk Orangtua Diterapkan Seluruh Negara

UNICEF mendesak pemerintah untuk menerapkan kebijakan ramah keluarga nasional yang mendukung perkembangan anak usia dini.

UNICEF Dorong Cuti Hamil dan Kelahiran Berbayar untuk Orangtua Diterapkan Seluruh Negara
Monster.com
Ilustrasi 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Nurul Aini

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - "Hampir dua pertiga anak-anak di dunia berusia kurang dari 1 tahun - hampir 90 juta - hidup di negara-negara di mana ayah mereka tidak berhak oleh hukum untuk satu hari cuti paternitas berbayar, menurut analisis UNICEF terbaru," tulis UNICEF dalam siara pers resminya.

Interaksi yang positif dan bermakna dengan ibu dan ayah sejak awal, membantu membentuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak-anak seumur hidup, membuat mereka lebih sehat dan bahagia, dan meningkatkan kemampuan mereka untuk belajar.

Sementara interaksi intens tersebut sulit dilakukan saat orangtua anak harus bekerja karena tidak mendapat hak cuti.

"Itu semua adalah tanggung jawab kami untuk memungkinkan mereka mengisi peran ini,” kata Direktur Eksekutif UNICEF, Henrietta H Fore.

Baca: 6 Fakta Sosok Hailey Baldwin, Model Seksi yang Terciduk Bermain dengan Justin Bieber di Kolam Renang

Hal tersebut mendorong UNICEF mendesak pemerintah untuk menerapkan kebijakan ramah keluarga nasional yang mendukung perkembangan anak usia dini.

Termasuk cuti paternitas berbayar untuk membantu menyediakan waktu, sumber daya, dan informasi yang dibutuhkan oleh orangtua untuk merawat anak-anak mereka.

Sementara saat ini, 92 negara tidak memiliki kebijakan nasional yang memastikan para ayah baru mendapatkan waktu luang yang cukup dengan bayi mereka yang baru lahir, termasuk India dan Nigeria.

Meski adapula negara dengan populasi bayi yang tinggi, termasuk Brasil dan Republik Demokratik Kongo, memiliki kesadaran dalam kebijakan cuti paternitas berbayar nasional, meskipun hanya menawarkan hak yang relatif hanya bersifat jangka pendek.

Baca: Bukan Nagita Slavina, Ternyata Sosok Kesayangan Ini yang Bakal Menerima Warisan dari Mama Rieta!

Dalam penelitian UNICEF membuktikan bahwa ketika ayah membangun ikatan dengan bayi mereka sejak awal kehidupan, mereka lebih mungkin memainkan peran yang lebih aktif dalam perkembangan anak mereka.

Halaman
12
Penulis: Nurul Aini
Editor: Alga Wibisono
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved