Perjalanan Penuh Lika-liku dan Risiko Kroasia ke Final Piala Dunia 2018, Mainkan 3 Laga 120 Menit

Timnas Kroasia sukses melangkah ke partai final Piala Dunia 2018 setelah tampil sempurna di sepanjang turnamen.

Perjalanan Penuh Lika-liku dan Risiko Kroasia ke Final Piala Dunia 2018, Mainkan 3 Laga 120 Menit
PIERRE-PHILIPPE MARCOU/AFP
Para pemain Kroasia merayakan kemenangan atas Rusia lewat adu penalti pada perempat final Piala Dunia 2018 di Fisht Arena, Sabtu (7/7/2018). 

TRIBUNJATIM.COM - Timnas Kroasia sukses melangkah ke partai final Piala Dunia 2018 setelah tampil sempurna di sepanjang turnamen, meski perjalanan yang telah mereka lalui penuh lika-liku.

Dalam 6 pertandingan yang dimainkan timnas Kroasia sepanjang Piala Dunia 2018, semuanya mampu mereka akhiri dengan kemenangan.

Tampil meyakinkan di fase grup dengan menumbangkan Nigeria, Argentina, dan Islandia, performa Kroasia terbilang menurun sejak memasuki fase gugur.

Baca: Perjalanan Prancis ke Final Piala Dunia 2018, Tim dengan Jumlah Gol Kecil namun Performa Meyakinkan

Menghadapi Denmark dan Rusia yang di atas kertas memiliki kualitas di bawah mereka, timnas Kroasia justru kesulitan untuk meraih kemenangan.

Bahkan timnas Kroasia harus menyudahi perlawanan Denmark dan Rusia melalui drama adu penalti.

Gelandang Denmark, Christian Eriksen (kiri), berduel dengan gelandang Kroasia, Luka Modric, dalam laga babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Nizhny Novgorod Stadium, Nizhny Novgorod, Rusia pada 1 Juli 2018.
Gelandang Denmark, Christian Eriksen (kiri), berduel dengan gelandang Kroasia, Luka Modric, dalam laga babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Nizhny Novgorod Stadium, Nizhny Novgorod, Rusia pada 1 Juli 2018. (JEWEL SAMAD/AFP)

Sementara di semifinal, timnas Kroasia juga harus kembali bermain 120 menit untuk menyingkirkan Inggris berkat gol Ivan Perisic dan Mario Mandzukic.

Perjalanan penuh liku ini dikhawatirkan akan menjadi risiko tersendiri bagi Kroasia di partai final yang akan digelar di Stadion Luzhniki, Moskow, pada Minggu (15/7/2018).

Baca: Belgia Vs Inggris, Kembali Taklukkan Inggris, Belgia Rebut Tempat Ketiga Piala Dunia 2018

Timnas Prancis yang memastikan diri lolos ke partai final pada Selasa (10/7/2018) atau Rabu dini hari WIB, memiliki waktu istirahat lebih banyak dari Kroasia yang meraih tiket ke partai puncak satu hari setelahnya.

Selain itu, timnas Prancis juga sukses menyingkirkan lawan-lawannya seperti Argentina, Uruguay, dan Belgia di fase gugur hanya dalam waktu 90 menit.

Sementara timnas Kroasia harus berjuang setelah memainkan 3 pertandingan berdurasi 120 menit.

Baca: Wang Yi Ren hingga Lee Ga Eun, Ini Nih 11 Kontestan Produce 48 yang Dinilai Punya Visual Tercantik

Kondisi ini tentu akan membuat kaki-kaki para pemain Kroasia jauh lebih letih ketimbang Prancis.

Namun, setidaknya timnas Kroasia telah membuktikan diri bahwa mereka mampu terus melaju hingga babak final dengan kondisi fisik yang menurun berkat mental dan semangat juang tim.

Berita di atas sebelumnya telah dipublikasikan di BolaSport.com dengan judul Perjalanan Kroasia Menuju Final Piala Dunia 2018 - Sempurna, tetapi Penuh Lika-liku dan Risiko

Editor: Dwi Prastika
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved