Hari Santri 2018

Ansor dan Banser di Lamongan Pilih Aksi Bersihkan Sampah di Bengawan Solo

Ansor dan Banser di Lamongan Pilih Bersihkan Sampah di Bengawan Solo, saat memperingati Hari Santri Nasional 2018.

Ansor dan Banser di Lamongan Pilih Aksi Bersihkan Sampah di Bengawan Solo
TRIBUNJATIM/HANIF MANSHURI
Anggota Ansor dan Banser PAC Kecamatan Kaltengah, Kabupaten Lamongan saat aksi bersih-bersih sampah di Sungai Bengawan Solo, memperingati Hari Santri Nasional 2018, Senin (22/10/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Beragam cara dilakukan sejumlah kalangan di masyarakat untuk memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2018. Seperti yang dilakukan oleh PAC Ansor dan Banser Kecamatan Kaltengah, Kabupaten Lamongan.

Badan otonom milik Nahdlatul Ulama ini, melakukan aksi simpatik dengan membersihkan sampah yang ada di Sungai Bengawan Solo, Senin (22/10/2018).

Sebanyak 50 anggota Banser dan Watser Kalitengah dikerahkan untuk membersihkan sampah yang yang mengotori di bantaran dan sungai Bengawan Solo sepanjang wilayah Kalitengah, mulai dari di Desa Pengangsalan sampai Desa Sugihwaras Kecamatan Kalitengah, yang belakangan kerap dijadikan sebagai pembuangan sampah oleh warga maupun pengguna jalan.

Atraksi Kebal Para Pendekar Pagar Nusa Meriahkan Hari Santri di Kediri

Ketua PAC GP ANSOR Kalitengah, H Tamim Azhar kepada wartawan, Senin (22/10) mengatakan, dalam rangka rangakian peringatan HSN 2018 ini selain membersihkan sampah juga memasang banner dengan berbagai tulisan himbaun dengan ajakan yang menarik.

Banner tersbeut untuk mengingatkan kepada semua warga akan pentingnya tidak membuang sampah sembarangan apalagi di sungai.

"Gerakan bersih sungai dari sampah ini semoga menginspirasi masyarakat, agar mulai sekarang kita harus peduli dengan sungai, jaga sungai jangan buang sampah di sungai," kata Tamim.

Ansor dan Banser, kata Tamim tidak sekadar mengimbau, tapi memberikan contoh turun langsung untuk membersihkan sungai dari sampah.

Awali Peringatan Hari Santri di Ponpes Tebuireng, Prabowo-Sandi Disambut Gus Sholah & Alunan Salawat

Bahkan Ansor bersama Banser juga menancapkan tulisan pesan moral disudut-sudut sungai, seperti "Yang Cantik Tidak Boleh Buang Sampah di Sungai Bengawan Solo, " Lestarikan Air, Lestarikan Sungai, dan Lestarikan Kehidupan".

Llau tulisan, Sampahmu adalah Sumber Penyakit Kehidupan Air", Bebaskan Sungai Bengawan Solo dari Berbagai Macam
Sampah,"Orang Pintar Mencintai Kebersihan Sungai".

"Semoga tulisan moral ini tidak sekedar dibaca tapi juga diamalkan, niat baik kami ini adalah bentuk pengabdian kami pada ibu bertiwi," tegasnya.

Tamin berharap, gerakan bersih sungai Bengawan Solo ini dilakukan oleh teman masyarakat lainnya yang ada di sepanjang Sungai Bengawan Solo mulai dari Babat hingga perbatasan Gresik.

Peringati Hari Santri di Jember, Ruh Santri Harus Tetap Dipertahankan di Tengah Modernitas

"Selamatkan ekosistem Bengawan Solo dengan tidak membuang sampah di sungai," tandasnya .(Hanif Manshuri)

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved