Mobil Bekas Bersaing Ketat Dengan Mobil Baru Jelang Akhir Tahun, Dealer Bersaing Via Program Menarik

Mobil Bekas Bersaing Ketat Dengan Mobil Baru Jelang Akhir Tahun, Antar Dealer Bersaing Lewat Program Menarik untuk banting harga.

Mobil Bekas Bersaing Ketat Dengan Mobil Baru Jelang Akhir Tahun, Dealer Bersaing Via Program Menarik
TRIBUNJATIM.COM/ARIE NOER RACHMAWATI
Director MPMRent Oky Gunawan (kanan) dan Divison Head of Otodeals Adi Heruawan (kiri) saat menunjukkan satu di antara unit mobil bekas yang dilelang melalui Otodeals, Kamis (1/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Arie Noer Rachmawati

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Bursa pasar mobil bekas (mobkas) menjelang akhir 2018, diproyeksikan tidak begitu mengalami banyak perubahan.

Pemilik SS Mobil 21, Sugeng Sumarsono mengatakan, permintaan mobkas pada akhir tahun tidak begitu melonjak dibandingkan momen Lebaran lalu. Kalaupun ada kenaikan, tidak sangat signifikan.

"Permintaan mobkas akhir tahun paling kenaikannya cuman 10 persen saja. Ini terbilang kecil dibandingkan Lebaran lalu sampai 20 persen," ungkapnya kepada TribunJatim.com, Selasa (20/11/2018).

Jelang Akhir Tahun, Mobil Bekas Harga Dibawah Rp 200 Jutaan Diburu Konsumen dan Jadi Primadona

Faktor penyebabnya, menurut Sugeng karena kondisi pasar mobkas saat ini terbilang sepi ditambah tren ekonomi yang lesu.

"Sehingga, penjualan mobkas mengikuti tren pasar yang ada dan saat ini pasar mobkas tidak ramai-ramai amat. Volume penjualan iya memang ada penurunan, tapi ya masih jalan," tuturnya.

Belum lagi, lanjutnya, jelang akhir tahun persaingan mobkas dengan mobil baru dinilai cukup kompetitif, terutama dari segi harga. Hal inilah yang menurutnya juga mempengaruhi pasar mobkas.

Tokoh Industri Mobil dan Bos Besar Nissan Ditangkap, Atas Dugaan Pemalsuan Laporan Keuangan

"Biasanya para dealer kan mengeluarkan mobil baru yang masih ada stoknya, itu dikeluarkan semua dengan beragam potongan harga. Jadinya, kami tahan harga, tidak bisa mau naik atau nurunin karena kami juga mengikuti harga mobil baru," lanjutnya lagi.

Kendati demikian, untuk menggenjot volume penjualan mobkas di akhir tahun biasanya ditopang dengan beragam program menarik.

Peserta Tes CPNS yang Lolos Passing Grade TKD Minim, Pemkot Surabaya Minta Kebijakan BKN Pusat

Seperti pameran akhir tahun, cashback, potongan harga, sistem kredit dengan bunga ringan, hingga promo berhadiah.

"Ini dilakukan sebagai upaya agar penjualan mobkas bisa meningkat dan bergairah di tengah lesunya pasar mobkas," imbuhnya.

Penulis: Arie Noer Rachmawati
Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved