Pelindo I, II, III, dan IV Jalin Kesepakatan Bersama Terkait Sistem Integrasi Pelayanan Pelanggan

Pelindo I, II, III dan IV menjalin kesepakatan bersama terkait sistem integrasi pelayanan pelanggan guna memberikan kemudahan bagi pelanggan pelabuhan

Pelindo I, II, III, dan IV Jalin Kesepakatan Bersama Terkait Sistem Integrasi Pelayanan Pelanggan
TRIBUNJATIM.COM/ARIE NOER RACHMAWATI
(Kiri ke kanan) Direktur Operasi Pelindo II Prasetiady, SVP Corporate Strategic Management Pelindo I Henrinaldi, Direktur Operasi dan Komersial Pelindo III Putut Sri Muljanto, Direktur Keuangan Pelindo IV Yon Irawan seusai konferensi pers Port Run 2018 di Hotel Sheraton Tunjungan Plaza 6 Surabaya, Jumat (14/12/2018). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Arie Noer Rachmawati

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - PT Pelindo I, II, III dan IV menjalin kesepakatan bersama terkait sistem integrasi pelayanan pelanggan guna memberikan kemudahan bagi pelanggan pelabuhan.

Sebelumnya, sistem pelayanan pelanggan berjalan masing-masing dari tiap pelabuhan, dengan adanya sistem integrasi tersebut pelayanan pelanggan kini menjadi satu portal.

Direktur Operasi dan Komersial Pelindo III, Putut Sri Muljanto mengatakan, sistem integrasi ini akan dilakukan secara bertahap.

Tahap pertama akan dilakukan untuk Integrated Billing System (IBS) pada akhir Desember 2018.

Selanjutnya, dilakukan untuk payment system pada Januari-Februari 2019 dan terakhir untuk sistem integrasi seluruh pelayanan pelanggan atau go-live yang akan dilakukan 31 Mei 2019.

Pelindo I,II,III dan IV Gelar Port Run 2018, Diikuti 5000 Peserta, Total Hadiah Senilai Rp 200 Juta

"Sistem integrasi ini intinya memberikan kemudahan bagi pelanggan dari Pelindo. Karena sebenarnya pelanggan kita sama dan database pelanggan ke depannya juga akan sama," terangnya saat konferensi pers Port Run 2018 di Hotel Sheraton, Tunjungan Plaza 6 Surabaya, Jumat (14/12/2018).

Putut menjelaskan, pembangunan portal sistem integrasi saat ini sudah dimulai dan dilakukan secara in house, di mana masing-masing Pelindo mengirimkan programmer lalu dikerjakan secara bersama.

"Alasan in house karena ini ada hubungannya ke maritim sehingga apabila sistem dilakukan pembaharuan itu akan lebih mudah menggarapnya," jelasnya.

Jelang Natal dan Tahun Baru, Pelindo III Siapkan Pembentukan Posko hingga Peningkatan Man Power

Sementara itu, Direktur Operasi Pelindo II, Prasetiady menambahkan, melalui sistem intergrasi tersebut tentunya akan memberikan efektivitas pelayanan kepada pelanggan pelabuhan.

Bahkan, dapat memangkas biaya pelanggan setidaknya sebesar 20 persen dari sisi pelabuhan.

Hanya saja, terkait tarif memang menyesuaikan kebijakan masing-masing Pelindo karena regulasinya sudah diatur oleh Kementerian Perhubungan.

"Dalam sistem integrasi itu akan ada juga fitur lain seperti tracking dokumen, cargo, hingga fintech (financial technology). Pelanggan bisa melihat container mereka berada di posisi mana. Pembayaran juga dilakukan secara house to house karena sudah berbasis online," tambahnya.

Pelindo III Prediksi Arus Penumpang Kapal Laut Jelang Natal dan Tahun Baru akan Naik

Penulis: Arie Noer Rachmawati
Editor: Ani Susanti
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved