Pemkot Blitar Kelola Kembali Terminal Tipe C yang Sempat Diambil Alih Pusat

Pemkot Blitar akan mengelola kembali terminal tipe C untuk mobil penumpang umum (MPU) yang berada di utara Terminal Patria mulai 2019.

Pemkot Blitar Kelola Kembali Terminal Tipe C yang Sempat Diambil Alih Pusat
SURYA/SAMSUL HADI
Suasana di Terminal Patria Kota Blitar, yang terlihat sangat sepi, Rabu (24/5/2017). Sejak dikelola pusat, kondisi terminal sepi, jumlah bus yang masuk juga terus menurun. 

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Pemkot Blitar akan mengelola kembali terminal tipe C untuk mobil penumpang umum (MPU) yang berada di utara Terminal Patria mulai 2019.

Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan sudah menyetujui usulan Pemkot Blitar untuk mengelola kembali terminal tipe C.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Blitar, Priyo Suhartono mengatakan terminal tipe C ikut diambil alih pemerintah pusat bersamaan dengan pengambilalihan pengelolaan Terminal Patria Tipe A pada awal 2017 lalu. Lokasi terminal tipe C memang satu kawasan dengan terminal tipe A.

Lalu, Pemkot Blitar berusaha mengelola kembali terminal tipe C dengan berkirim surat ke Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub. Setelah dikaji, akhirnya Ditjen Perhubungan Darat memperbolehkan Pemkot Blitar mengelola kembali terminal tipe C yang berada di sebelah utara terminal tipe A.

"Sudah ada penandatangan MoU antara Dirjen Perhubungan Darat dengan Sekda soal pengelolaan terminal tipe C. Mulai 2019 ini, Pemkot Blitar berhak mengelola kembali termimal tipe C," kata Priyo Suhartono kepada Tribunjatim.com, Kamis (10/1/2019).

Pemkot Blitar akan memperbaiki terminal tipe C agar bisa segera difungsikan. Terminal tipe C ini akan digunakan sebagai tempat mangkal mobil penumpang umum. Terminal tipe C sebagai pendukung terminal tipe A untuk melayani penumpang dalam kota.

"Kota Blitar kecil, tidak mungkin membuat terminal tipe C lagi. Makanya, kami mengusulkan ke pusat agar bisa mengelola kembali terminal tipe C," ujarnya kepada Tribunjatim.com.

Titin Kini Pasrah Obesitas Miliki Bobot 300 Kg, Dulunya Sering Ngemil dan Sempat Jalani Diet

Fakta Baru Prostitusi Artis Terungkap, Alur Vanessa Angel Ditawarkan hingga Transaksi Capai Rp 2,8 M

Fantastis, Transaksi Prostitusi Artis Mencapai Rp 2,8 Miliar

Dikatakannya, kondisi terminal tipe C itu sudah cukup untuk menampung mobil penumpang umum (MPU) yang beroperasi di Kota Blitar. Sebab, jumlah MPU yang beroperasi di Kota Blitar tidak banyak hanya sekitar 20 unit.

"Jumlah MPU di Kota Blitar terus berkurang, sekarang yang aktif tinggal 20 unit. Sebagian sudah digunakan untuk menjemput anak sekolah. Banyak MPU yang berhenti beroperasi karena kondisi penumpang sepi," kata Priyo Suhartono kepada Tribunjatim.com.

Priyo berharap dengan difungsikannya lagi terminal tipe C dapat meningkatkan jumlan penumpang MPU. Posisi MPU di terminal tipe C dapat menjadi angkutan pengumpan bagi penumpang di Terminal Patria Tipe A.

"Harapannya, dengan difungsikan lagi terminal tipe C akan meningkatkan jumlah penumpang MPU," ujarnya.

Pantauan di lokasi, saat ini, kondisi terminal tipe C memang tidak terawat. Saat ini, terminal tipe C hanya digunakan sebagai tempat parkir untuk kendaraan pengunjung di Terminal Patria Tipe A. Mobil penumpang umum juga jarang mangkal di terminal tipe C. (sha/TribunJatim.com).

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved