Tingkatkan Persaingan Dunia Industri Jatim, Pakde Karwo Resmikan SMA/MA Dual Track di Sampang

Gubernur Jatim, Soekarwo meresmikan Pelaksanaan SMA/MA Dual Track Provinsi Jawa Timur di Pendopo Kabupaten Sampang, Kamis (17/1/2019) pagi.

Tingkatkan Persaingan Dunia Industri Jatim, Pakde Karwo Resmikan SMA/MA Dual Track di Sampang
Istimewa
Pakde Karwo saat meresmikan Pelaksanaan SMA/MA Dual Track Provinsi Jawa Timur di Pendopo Kabupaten Sampang, Kamis (17/1/2019) pagi 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SAMPANG - Gubernur Jatim, Soekarwo meresmikan Pelaksanaan SMA/MA Dual Track Provinsi Jawa Timur di Pendopo Kabupaten Sampang, Kamis (17/1/2019) pagi.

Peresmian SMA/MA Dual Track ini merupakan salah satu  langkah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pendidikan.

"Pendidikan itu merupakan jalan investasi sumber daya manusia dalam mewujudkan kesejahteraan. Nawaitu kita meningkatkan kesejahteraan lewat pendidikan keterampilan. Ada pendidikan umum dan pendidikan keterampilan. Ada pendidikan agama dilengkapi dengan keterampilan,” ujar Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo.

Dual track sendiri menggunakan konsep dualitas yang saling memberikan manfaat.

(Resmikan Science Techno Park dan Inkubator, ITS Ingin Jembatani Riset dan Dunia Industri)

(Science Techno Park Sudah Diresmikan, Rektor ITS Joni Hermana Harap Bisa Kembangkan Startup)

Sehingga program dual track bisa menjadi solusi terbaik untuk menanggulangi lahirnya pengangguran terbuka dari lulusan SMA yang tidak melanjutkan ke pendidikan tinggi.

“Tidak hanya SMA, Madrasah Aliyah juga diberikan tambahan keterampilan. Dan Madura jadi fokus pengembangan dual track,” kata Pakde Karwo.

Peserta didik, akan dibekali dengan keterampilan khusus yang diberikan intensif pada kelas XI dan ujian sertifikasi akan dilaksanakan di kelas XII setelah ujian nasional.

“Sertifikasi yang diberikan sudah terstandar dan diakui secara nasional. Sehingga lulusan SMA dan MA bisa bersaing di dunia industri dan dunia usaha," ucap Pakde Karwo.

"Apalagi ada 7 bidang keahlian yang difokuskan sesuai hobi atau keinginan para siswa. Seperti multimedia, teknik elektro, teknik mesin, tata boga, kecantikan dan sebagainya,” tambahnya.

(TKD Jokowi-Maruf Gelar Nobar Debat Pilpres 2019 di Jatim Expo, Ada Lucky Idol Juga)

(Tinton Suprapto Beri Bekal Safety Riding Pada Napi Lapas Lowokwaru Malang, Ada Unjuk Freestyle Motor)

Halaman
12
Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved