Gadget Masa depan

INFO GADGET - Xiaomi Patenkan Ponsel Masa Depannya Dengan Konsep 4 Sisi Layar Melengkung

Xiaomi kembali mematenkan desain ponsel masa depannya.Ponsel tersebut akan mengusung desain layar melengkung pada keempat sisinya

INFO GADGET - Xiaomi Patenkan Ponsel Masa Depannya Dengan Konsep 4 Sisi Layar Melengkung
LetsGoDigital
Ilustrasi 

TRIBUNJATIM.COM - Vendor ponsel asal China, Xiaomi kembali mematenkan desain ponsel masa depannya. Berdasarkan paten, ponsel tersebut tampak mengusung desain layar penuh tanpa bezel dengan keempat sisi yang melengkung (curved).

Hal ini diketahui dari sebuah paten yang diajukan Xiaomi pada Organisasi Hak Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO). Paten tersebut kemudian dirilis oleh WIPO pada 5 Februari silam.

Dokumen paten itu, yang terpampang di situs asal Belanda, LetsGoDigital, mencakup beberapa penampakan ponsel dari berbagai sisi, seperti depan, belakang, dan sisi-sisi bingkai ponsel.

Dengan keempat sisi layar yang dibuat melengkung, maka penampakan ponsel dari depan terlihat seolah layar semua tanpa bingkai.

Pada bagian depan, layar ponsel tampak penuh dengan layar alias bezel-less. Itu karena keempat sisi ponsel tersebut, kiri, kanan, atas, bawah, memiliki layar dengan desain melengkung, seperti tampak pada gambar di bawah.

Ilustrasi paten ponsel xiaomi dengan layar 4 sisi melengkung
Ilustrasi paten ponsel xiaomi dengan layar 4 sisi melengkung (LetsGoDigital)

Meski begitu, kamera selfie tampak absen di layar ponsel tersebut. Kamera selfie mungkin dibenamkan di bawah layar, sama seperti pemindai sidik jari.

Berdasarkan gambar, bagian belakang desain ponsel besutan Xiaomi ini dilengkapi dengan dua modul kamera disertai dengan LED flash.

Sementara pada bagian sisi kiri, kanan, dan atas bingkai ponsel, tak terlihat ada tombol guna pengoperasian ponsel, seperti tombol volume atau tombol power.

Untuk bagian bawah bingkai ponsel, terlihat ada sebuah port USB-C untuk konektivitas dan pengisian daya ponsel.

Jika desain ponsel ini diterapkan Xiaomi di kemudian hari, maka pihaknya mungkin akan menerapkan solusi untuk beberapa fitur ponsel yang terpangkas, seperti kamera selfie, headphone jack, earpiece, atau speaker.

Kendati demikian, masih belum jelas apakah konsep penerapan layar melengkung di semua sisi ini bakal terwujud dalam ponsel Xiaomi sesungguhnya. Sebab, desain pun masih sekadar paten yang diajukan ke kantor paten dunia (WIPO).

Namun, ada rumor yang menyebut bahwa desain ini disinyalir bakal diusung oleh Mi Mix 4 pada tahun 2020 mendatang, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari LetsGoDigital, Senin (11/2/2019).

Editor: Candra Setiawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved