Gadget Terbaru

Samsung Galaxy Tab S4 Komputer Tablet Serba Guna yang Dapat Berubah menjadi Laptop

Konsistensi Samsung menghadirkan komputer tablet dibuktikan dengan Samsung Galaxy Tab S4 yang merupakan penerus dari seri sebelumnya, Tab S3.

Samsung Galaxy Tab S4 Komputer Tablet Serba Guna yang Dapat Berubah menjadi Laptop
Samsung
Ilustrasi Samsung Galaxy Tab S4 

TRIBUNJATIM.COM - Konsistensi Samsung menghadirkan komputer tablet dibuktikan dengan Samsung Galaxy Tab S4 yang merupakan penerus dari seri sebelumnya, Tab S3. Dengan banderol harga cukup tinggi yaitu Rp10.999.000, tentu fitur yang dihadirkannya tidak sembarangan.

Dari fisiknya saja Tab S4 sudah terlihat sebagai perangkat berkelas. Dibalut lapisan glossy mirip kaca membuatnya terlihat premium. Tab S4 memiliki ukuran layar 10,5 inci sehingga terlihat lebar dengan ketebalan yang tipis, sekitar 7 mm saja. Bezel-nya juga dibuat lebih tipis dibanding seri sebelumnya, Tab S3.

Untuk spesifikasinya, Tab S4 menggunakan SoC dari Qualcomm yang biasa digunakan pada perangkat flagship yaitu Snapdragon 835 dengan performa kencang. Dengan memori utama 4 GB dan media simpan 64 GB, komputer tablet ini sudah cukup tangguh menjalankan berbagai aplikasi yang ada di Google Play Store. Bahkan game Fortnite yang secara eksklusif hadir untuk perangkat flagship Samsung, juga hadir di sini.

Layarnya menggunakan panel Super AMOLED dengan resolusi WQXGA (2.560 x 1.600 pixel) serta kerapatan 287 ppi. Ini membuatnya tampilannya terlihat lebih tajam serta warna yang terang. Menggunakannya di luar ruangan dengan sinar matahari terik pun, layar masih terlihat jelas.
 

Tablet Samsung Galaxy Tab S4
Tablet Samsung Galaxy Tab S4 (Samsung)

Untuk urusan multimedia, Tab S4 menggunakan quad speaker dengan 2 speaker di sisi atas dan 2 di sisi bawah. Menggunakan speaker dari AKG serta suara surround dengan teknologi Dolby Atmos, membuatnya mantap dan terdengar kencang, tetapi tidak pecah saat digunakan menjalankan film atau musik.

Kemampuan kameranya terbilang cukup bagus. Kamera utama berbekal resolusi 13 MP dengan aperture lebar yaitu f/1,9 sehingga lebih terang menangkap foto dalam kondisi low light. Pengaturan aplikasinya juga beragam, ada pilihan Pro, Panorama, HDR, Beauty, Auto, dan Stickers. Untuk mode video terdapat pilihan Hyperlapse, tanpa adanya Slow Motion. Untuk kamera depan, dengan resolusi 8 MP dan aperture f/1,9, sudah mumpuni untuk kebutuhan selfie, bahkan dalam kondisi cahaya minim. Menariknya, tersedia pilihan untuk menghasilkan foto selfie dengan bokeh.

Sebagai penunjang produktivitas, disertakan S Pen yang memiliki peningkatan dari sisi performa serta fitur. Fisiknya tidak lagi kaku dan sudah menyerupai pena biasa agar penggunaannya makin ergonomis. Dengan diameter 0,7 mm, S Pen ini memiliki sensor yang cukup baik. Pengguna bisa melukis atau menggambar tingkat ketebalan sesuai tekanan. Ini membuat coretan dengan detail kecil tetap mampu dilakukan dengan baik.

Hands-on Samsung Galaxy tab S4
Hands-on Samsung Galaxy tab S4 (Samsung)

Samsung Galaxy Tab S4 bukan komputer tablet biasa. Dengan dukungan aksesori tambahan berupa POGO keyboard, komputer tablet ini bisa disulap menjadi seperti notebook. Tampilannya pun tidak hanya sekedar berubah ke mode landscape saja, dengan mengaktifkan fitur Samsung DeX, interfaceAndroid pun berubah tampilan mirip dengan Windows. Untuk mendukung penggunaan, telah disertakan aplikasi-aplikasi berbasis produktivitas, di antaranya aplikasi dari Microsoft seperti Word, Excel, sampai PowerPoint.

Kerennya lagi, Samsung DeX juga bisa digunakan untuk mengubah komputer tablet menjadi layaknya touchpad. Berbekal koneksi HDMI, Anda bisa menghubungkannya ke layar atau monitor dan memfungsikan komputer tablet ini sebagai touchpad.

Kesimpulan

Halaman
12
Editor: Candra Setiawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved