Sudah Bertahun-tahun Warga Dusun Gorekan Lor Gresik Menyeberangkan Jenazah Lewat Sungai

Kehebohan warga Gresik menyeberangkan keranda yang berisi jenazah warga setempat melalui sungai dengan arus yang deras langsung mendapat perhatian.

Sudah Bertahun-tahun Warga Dusun Gorekan Lor Gresik Menyeberangkan Jenazah Lewat Sungai
(surya/Sugiyono)
JENAZAH - Warga Desa Cermenlerek Kecamatan Kesamaan Gresik menghanyutkan jenazah ke sungai Kali Lamong untuk pemakaman di TPU desa setempat. Warga melakukan itu karena tidak ada akses jembatan, Selasa (12/2/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Kehebohan warga Gresik menyeberangkan keranda yang berisi jenazah warga setempat melalui sungai dengan arus yang deras langsung mendapat perhatian.

Perlu diketahui Dusun Gorekan Lor, Desa Cermenlerek Kecamatan Kedamean, Gresik merupakan dusun yang dikelilingi Kali Lamong. Maka kalau ada warga yang meninggal disaat banjir terpaksa harus menyeberangi sungai untuk mengubur atau memakamkan jenazah tersebut.

Selama bertahun-tahun, warga dusun Gorekan Lor mengubur warganya yang meninggal dunia di tempat pemakaman umum (TPU) tersebut harus melewati sungai. Sebab, makam itu merupakan pemakaman warga dusun Gorekan Lor.

"Setiap dusun itu mempunyai lahan pemakaman sendiri-sendiri. Sehingga warga dikubur di makam umum tersebut," kata Suhadi, Kades Cermenlerek, didampingi Kepala Dusun Gorekan Lor kepada Tribunjatim.com, Rabu (13/2/2019).

Inilah Video Detik-detik Keranda Mayat warga Gresik Dihanyutkan ke Sungai

Berat Badan Vanessa Angel Kini Disebut sampai 39 Kg, Bibi Ardiansyah Minta Penggemar Bawakan KFC

Pelaku Penipuan Mobil Milik Warga Surabaya Terancam Dicoret dari Daftar Caleg Kota Blitar

Terkadang, ketika musim hujan warga mengubur jenazah di makam dusun tetangga, yakni di dusun Gorekan Kidul, Desa Cermenlerek Kecamatan Kedamean, namun karena makam tersebut terendam air sehingga dimakamkan di TPU dusun Gorekan Lor.

"Makam di dusun Gorekan Kidul kemarin terendam air saat hujan, sehingga warga terpaksa memakamkan di makam dusun Gorekan Lor yang tidak terendam air," katanya kepada Tribunjatim.com. (Sugiyono/TribunJatim.com).

Penulis: Sugiyono
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved