OTT Ketua Umum PPP

KPK Amankan Uang dalam OTT Ketua Umum PPP Romahurmuziy, Diduga Terjadi Beberapa Kali Transaksi

5 orang yang diamankan dari berbagai unsur, di antaranya, unsur penyelenggara negara di DPR-RI, pejabat dari kementerian agama di daerah, dan swasta.

KPK Amankan Uang dalam OTT Ketua Umum PPP Romahurmuziy, Diduga Terjadi Beberapa Kali Transaksi
TRIBUNJATIM.COM/MUCHSIN RASJID
Ketua Umum DPP PPP, HM Romahurmuziy, mengenakan baju putih kombinasi hijau, sebelum memberikan pembekalan kepada seluruh Caleg PPP Madura, di Pamekasan. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan, telah melakukan penindakan di Jawa Timur, Jumat (15/3/2019).

"Benar, ada kegiatan tim Penindakan KPK di Jawa Timur pagi ini. Hal ini karena sebelumnya KPK mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa akan terjadi transaksi yang melibatkan penyelenggara negara," kata Wakil Ketua KPK, Basaria Panjaitan kepada Surya.co.id (TribunJatim.com Network) ketika dikonfirmasi, Jumat (15/3/2019).

"Sesuai pelaksanaan tugas dan kewenangan KPK, tentu kami harus menindaklanjuti hal tersebut," terangnya.

Ketua PPP Jatim Ungkap Kegiatan M Romahurmuziy selama Tiga Hari di Jatim sebelum Tertangkap

Sebelum Kena OTT KPK, Ketua Umum PPP Romahurmuziy Sempat Menginap di Hotel Bumi Surabaya

Ia menjelaskan, pada informasi awal yang bisa disampaikan, lima orang yang diamankan berasal dari berbagai unsur, di antaranya, unsur penyelenggara negara di DPR-RI, pejabat dari kementerian agama di daerah, dan swasta.

"KPK juga mengamankan sejumlah uang yang diduga terkait dengan pengisian jabatan di Kementerian Agama. Hal ini kami duga sudah terjadi beberapa kali sebelumnya," katanya.

"Saat ini, tim masih melakukan klarifikasi secara intensif terhadap pihak yang diamankan tersebut. Permintaan keterangan dilakukan di Polda Jatim. Informasi lebih lengkap akan kami sampaikan pada konferensi pers," katanya.

DPC PPP Sumenep Mengaku Tidak Tahu Soal Penangkapan Romahurmuziy di Surabaya

Ia menjelaskan, sesuai dengan aturan yang ada di KUHAP, maka ada waktu maksimal 24 jam bagi KPK sebelum menentukan status hukum perkara dan juga orang-orang yang diamankan.

"Saat ini kami masih belum bisa menyebutkan siapa saja pihak yang diamankan tersebut," terangnya.

"Namun, kami pastikan ada tim KPK yang bertugas di Jatim terkait hal tersebut. Mereka yang diamankan di Polda Jatim akan dibawa malam ini ke kantor KPK sesuai kebutuhan penanganan perkara," katanya.

Hasil Madura United Vs Borneo FC, David Laly Bawa Laskar Sape Kerrab Tumbangkan Pesut Etam

KPK juga menyampaikan terima kasih pada pihak Polda Jatim yang telah memfasilitasi dan membantu tim yang sedang bertugas di sana.

Untuk diketahui, KPK melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Ketua Umum PPP, M Romahurmuziy di Surabaya, Jumat (15/3/2019) pagi.

Pada sore hari, pria yang akrab disapa Romi ini telah dibawa ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan intensif KPK. (Surya/Bobby Contantine)

Yuk Subscribe YouTube Channel TribunJatim.com:

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved