Untuk Entaskan Kesmiskinan, Gubernur Jatim Khofifah Galakkan Tanami Jagung di 7 Kabupaten

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bertekad mengentaskan kemiskinan di Jawa Timur. Salah satu langkah yang bakal ia lak

Untuk Entaskan Kesmiskinan, Gubernur Jatim Khofifah Galakkan Tanami Jagung di 7 Kabupaten
Organic fact
Ilustrasi jagung 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bertekad mengentaskan kemiskinan di Jawa Timur. Salah satu langkah yang bakal ia lakukan adalah jagungisasi aliasi menggalakkan penanaman jagung secara massive di Jawa Timur.

Untuk itu, Khofifah menerangkan pihaknya kini sudah melakukan perhitungan dan pendataan lahan yang siap tanah di tujuh kabupaten. Yaitu di Kabupaten Kediri, Kabupaten Jombang, Kabupaten Mojokerto, dan empat kabupaten di Madura. Yaitu Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep.

"Saya ingin adopsi suksesnya penurunan kemiskinan di Dompu, yang ternyata melakukan jagungisasi, penanaman jagung," kata Khofifah, Selasa (19/3/2019).

Mantan Menteri Sosial ini menyebut dalam waktu emoat tahun, Kabupaten Dompu mampu menurunkan kemiskinan dari 21 persen menjadi sepuluh persen.

"Suksesnya Dompu ternyata dari jagung. Karwna harga jual jagung lebih profitabel dibandingkan dengan padi," tegasnya kepada Tribunjatim.com.

Paduan Suara Fatayat Galis Bangkalan Nyatakan Dukungan untuk Jokowi-Maruf Amin pada Pilpres 2019

Ribuan Jamaah Padati Istighatsah Kubro Bersama Cawapres KH Maruf Amin di Pamekasan Madura

Aktivitas Gunung Bromo Meningkat, Terjadi 28 Kali Letusan, Tinggi Asap 1200 Meter dari Puncak Kawah

Ia menyebutkan bahwa di Jawa Timur banyak lahan jenuh. Yang sudah tidak subur sehingga butuh dipupuki berkali-kali. Lahan inilah yang bakal disasar Khofifah untuk ditanami jagung.

Tidak hanya itu lahan-lahan tidur juga bakal dilakukan penanam jagung secara massif. Dengan tujuan bisa membuat masyarakat produktif di sektor pertanian.

"Saat ini Dirjen Tanaman Pangan sedang excercise di 7 kabupaten. Saya sudah kumpulkan bupatinya dan kepala dinas petaniannya untuk melakukan pendataan calon petani dan calon lahannya," kata Khofifah.

Sebab untuk benih jagungnya bakal disuplai oleh Dirjen Tanaman Pangan. Termasuk untuk pupuk serta calon pembelinya juga disiapkan. Sehingga Khofifah optimistis langkah jagungisasi ini bakal efektif pangkas kemiskinan di Jawa Timur.

"Hitungan saya itu bagus sekali, fantastis, menurunkan kemiskinan di Dompu. Sehingga kita ingin itu bisa diterapkan juga di Jawa Timur," tandasnya. (Fatimatuz zahroh/Tribunajtim.com)

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved