Rumah Politik Jatim

Bawaslu Sebut Ada 71 TPS Rawan saat Pelaksanaan Pemilu 2019 di Kota Blitar

Bawaslu Kota Blitar sudah memetakan titik-titik kerawanan di tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah Kota Blitar.

Bawaslu Sebut Ada 71 TPS Rawan saat Pelaksanaan Pemilu 2019 di Kota Blitar
SURYA/SAMSUL HADI
Bawaslu Kota Blitar saat mengecek laporan kiriman paket Tabloid Indonesia Barokah di Kantor Pos Blitar, Jumat (25/1/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Bawaslu Kota Blitar sudah memetakan titik-titik kerawanan di tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah Kota Blitar.

Bawaslu mencatat, sedikitnya, ada 71 titik TPS di Kota Blitar yang rawan saat proses pemungutan suara berlangsung.

"Sejumlah TPS rawan itu berada di dekat rumah caleg dan posko pemenangan. Kami akan meningkatkan pengawasan di sejumlah TPS," kata Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu Kota Blitar, Abdul Azis, Jumat (12/4/2019).

Sebanyak 71 TPS rawan itu menyebar di tiga kecamatan di Kota Blitar. Rinciannya, di Kecamatan Sukorejo ada 25 TPS, di Kecamatan Kapanjenkidul ada 11 TPS, dan di Kecamatan Sukorejo ada 35 TPS.

"Kami juga mengantisipasi adanya PSU (pemungutan suara ulang) di wilayah Kepanjenkidul. Sebab, pada Pilgub tahun lalu terjadi PSU di wilayah Kepanjenkidul," ujarnya.

Kepala Kesbangpol dan PBD Kota Blitar, Hakim Sisworo mengatakan secara keseluruhan pelaksanaan Pemilu 2019 di Kota Blitar sudah siap.

Pemkot Blitar juga sudah melakukan rapat koordinasi terakhir dengan KPU, Bawaslu, dan Forkompimda.

Ibu Pembunuh Guru Budi Hartanto Ungkap Anaknya Sempat Minta Maaf Padanya di Hari Penemuan Mayat

Gempa 6,9 SR Guncang Banggai Kepulauan Sulawesi Tenggara, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Tsunami

Kondisi Terkini Ani Yudhoyono, Duduk di Kursi Roda Depan SBY & Tulis 1 Kalimat, Perhatikan Tubuhnya!

"Secara keseluruhan suda siap, tinggal kekurangan surat suara yang belum terkirim. Informasinya 14 April 2019 sudah dikirim. Pada 16 April 2019, surat suara dikirim ke PPS (kelurahan). Pada 17 April 2019 paginya baru dikirim ke tiap TPS," kata Hakim kepada Tribunjatim.com.

Dikatakannya, Bawaslu juga sudah mengirim data titik-titik TPS rawan saat pemungutan suara berlangsung. Sejumlah TPS rawan itu yang letaknya berdekatan dengan rumah caleg dan posko pemenangan. Dia meminta petugas meningkat patroli di sejumlah TPS rawan itu.

"Begitu juga saat hari tenang, kami akan terus meningkatkan patroli di wilayah Kota Blitar. Secara umum, wilayah Kota Blitar tergolong aman," ujarnya. (sha/TribunJatim.com).

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved