Kemenag Bangkalan Usulkan 100 CJH Lanjut Usia Untuk Diberangkatkan

Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangkalan saat ini mengusulkan sedikitnya 100 Calon Jemaah Haji (CJH) lanjut usia (lansia) untuk mengisi sisa p

Kemenag Bangkalan Usulkan 100 CJH Lanjut Usia Untuk Diberangkatkan
SURYA/HANIF MANSHURI
Calon Jamaah Haji asal Lamongan saat diberangkatkan Bupati Fadeli dari Pendopo Lokatantra, Selasa petang (31/7/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, BANGKALAN - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangkalan saat ini mengusulkan sedikitnya 100 Calon Jemaah Haji (CJH) lanjut usia (lansia) untuk mengisi sisa porsi reguler yang tidak melunasi biaya perjalanan haji.

"Usulan tidak serta merta diterima Kanwil (Kemenag) Jatim. Tahun lalu kami usulkan 165 lansia tapi terkover 86 orang," ungkap Kasi Pelayanan Haji dan Umroh Kementrian Agama Kabupaten Bangkalan Wafir, Jumat (12/4/2019).

Ia menjelaskan, pemberangkatan CJH lansia ditentukan berdasarkan urutan porsi. Bukan berdasarkan urutan usia.

"Misal berusia 100 tahun tidak bis berangkat duluan karena usia 75 mendaftar lebih dulu," jelasnya kepada Tribunjatim.com.

Tahun lalu, total jumlah CJH se Jatim yang tidak melunasi biaya perjalan haji sebanyak 3.500 orang. Namun porsi lansia dan cadangan yang diajukan lebih dari 6.000 orang.

Ditantang Ruben Onsu, Nikita Mirzani Tunjukkan Saldo ATM, Suami Sarwendah Terkejut Lihat Nominalnya

Koper yang Digunakan Membungkus Jasad Guru Honorer Asal Kediri Milik Ibu Pelaku Asal Blitar

Tak Jadi Digelar Mei, Jadwal Kick Off Liga 2 2019 Diundur

Tahun ini, porsi haji untuk Kabupaten Bangkalan sejumlah 645 orang. Namun hingga menjelang batas pelunasan tahap pertama, menyisakan sebanyak 63 CJH yang belum melunasi.

Wafir memaparkan, pelunasan tahap pertama yang dikhususkan untuk porsi reguler dimulai sejak 19 Maret 2019 hingga 15 April 2019.

Namun hingga Kamis (11/4/2019), tercatat sebangak 63 CJH yang belum melunasi karena beragam kendala.

"Sebanyak 20 orang meninggal dan 43 orang menunda karena menunggu mahrom, menunggu suami atau istri, hingga terkendala hajatan," paparnya kepada Tribunjatim.com.

Ia menambahkan, pelunasan tahap II yang dikhususkan bagi lansia, cadangan, dan gabungan akan dibuka mulai 10 April - 10 Mei 2019.

"Kabupaten Bangkalan masuk di gelombang pertama. Namun hingga saat ini kami belum menerima jadwal keberangkatannya," pungkas Wafir kepada Surya. (Ahmad Faisol/TribunJatim.com).

Penulis: Ahmad Faisol
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved