Pemohon SIM di Pamekasan Terpaksa Diberi Resi Pengganti Gara-gara Blanko Surat Izin Mengemudi Kosong

Mereka mendapatkan resi berupa kertas biasa, lantaran blanko kartu SIM di Satlantas Polres Pamekasan dinyatakan kosong.

Pemohon SIM di Pamekasan Terpaksa Diberi Resi Pengganti Gara-gara Blanko Surat Izin Mengemudi Kosong
SIM 

TRIBUNJATIM.COM, PAMEKASAN – Sejak seminggu belakangan ini, warga Pamekasan yang mengajukan pembuatan SIM baru dan yang melakukan perpanjangan SIM di Satlantas Polres Pamekasan, sedikit kecewa.

Sebab mereka hanya memperoleh resi sebagai pengganti kartu SIM sementara.

Mereka mendapatkan resi berupa kertas biasa, lantaran blanko kartu SIM di Satlantas Polres Pamekasan dinyatakan kosong.

Sedang pihak satlantas tidak memastikan kapan kartu SIM itu datang.

Sehingga warga yang mengajukan perpangan SIM dan yang membuat SIM baru, diminta kembali lagi yang waktunya tidak ditentukan.

Kebetulan suasana di bagian SIM ini cukup ramai.

Bisa jadi ini karena  warga Pamekasan yang berada di luar Madura pulang berlebaran dan memanfaatkan waktu untuk mengajukan perpanjangan SIM.

Namun setelah SIMnya selesai, mereka hanya mendapatkan resi, sehingga untuk memperoleh kartu SIM  diminta kembali lagi.

Salah seorang warga yang mengajukan perpanjangan SIM mengungkapkan, seusai foto ia dipanggil petugas dan diberi resi pengganti SIM. Semula ia tidak percaya dengan resi yang diterimanya.

Namun, setelah mendapat penjelasan dari petugas satlantas, ia mengerti jika resi itu hanya bersifat sementara, karena blanko kartu SIM kosong dan sudah berlangsung sejak beberapa hari.

“Saya mendapatkan resi seperti ini berupa kertas. Khawatir resi SIM ini sobek, saya laminating,” kata salah seorang pemohon sambil menunjukkan resi SIM kepada Surya (grup TribunJatim.com), pada Jumat (24/8/2018).

Kasat Lantas Polres Pamekasan, AKP Yudiyono, yang dimintai konfirmasinya mengatakan, jika kosongnya blanko kartu SIM di Satlantas Polres Pamekasan ini sudah berlangsung sejak seminggu.

Kosongnya blanko ini, bukan hanya di Satlantas Polres Pamekasan, tapi di seluruh Jawa Timur.

Yudiyono tidak bisa memastikan kapan blanko SIM itu tersedia, karena menunggu kiriman dari  Mabes Polri, sehingga diberi resi pengganti kepada warga yang melakukan perpanjangan SIM atau yang membuat SIM baru. 

“Walau hanya resi penggantai yang kami berikan, namun SIM itu berlaku seluruh Indonesia. Nanti setelah blanko SIM datang, kami akan menghubungi mereka untuk menukarkan dengan kartu SIM,” ujar Yudiyono. (Surya/Muchsin Rasjid)

Penulis: Muchsin Rasjid
Editor: Edwin Fajerial
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved