Operasi Zebra 2018

Operasi Zebra 2018 Berakhir, Polres Malang Kota Tilang 4.175 Pengendara

Kasat Lantas Polres Malang Kota, AKP Ari Galang Saputro menjelaskan, jumlah pelanggaran pada Operasi Zebra di tahun 2018 menurun sebanyak 32%.

Operasi Zebra 2018 Berakhir, Polres Malang Kota Tilang 4.175 Pengendara
SURYA/RIFKY EDGAR
Kasat Lantas Polres Malang Kota, AKP Ari Galang Saputro (kiri) bersama IPDA Ni Made Marhaeni (kanan), ketika menjelaskan terkait dengan berakhirnya Operasi Zebra Semeru 2018 di wilayah Kota Malang, Selasa (13/11/2018), 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Polres Malang Kota menilang sebanyak 4.175 pengendara kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat selama dua minggu Operasi Zebra Semeru terhitung sejak 30 Oktober hingga 12  November 2018 di wilayah Kota Malang.

Kasat Lantas Polres Malang Kota, AKP Ari Galang Saputro menjelaskan, jumlah pelanggaran pada Operasi Zebra di tahun 2018 menurun sebanyak 32% dibandingkan tahun 2017.

"Kita cukup berbangga diri, karena masyarakat Kota Malang bisa lebih tertib dan sadar lalu lintas jika dibandingakan dengan tahun lalu," ucapnya ketika ditemui SURYAMALANG.COM (grup TribunJatim.com), Selasa (13/11/2018).

Ada tujuh pelanggaran yang telah polres Malang Kota fokuskan selama Operasi Zebra berlangsung.

Namun, ada satu pelanggaran yang belum ditemukan oleh Polres Malang Kota.

"Pelanggaran pertama yang sering kita jumpai ialah melawan arus, kedua tidak memakai helm, pengendara di bawah umur, tidak menggunakan safety belt, pengendara menggunakan handphone. Dan yang masih belum kita temui ialah pengendara dalam posisi mabuk," ucapnya.

3 Pengedar Sabu Jaringan Mojokerto Ditangkap BNNP Jatim, di Antaranya Berasal dari Kabupaten Malang

Galang meghimbau agar masayarakat lebih tertib lagi dalam berkendara walaupun Operasi Zebra Semeru 2018 telah usai.

"Kami minta di tahun depan jumlah pelanggaran bisa diminimalisir lagi sehingga tercipta keselamatan selama berkendara," ujarnya.

Galang menyebutkan, selama operasi zebra berlangsung, banyak dari pengendara yang meminta untuk dibuatkan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Ia menambahkan, jumlah pemohon SIM baru meningkat sebanyak 27% sejak ada Operasi Zebra 2018 dan didominasi oleh pelajar SMA.

"Kita akan sesuaikan dengan prosuder dan aturan yang ada. Jika belum mempunyai kompetensi untuk memiiki SIM, maka akan kita tunda dulu sampai benar-benar berhasil mendapatkan SIM," pungkasnya. (Rifky Edgar)

Hasil Operasi Zebra 2018 di Gresik, Ribuan Pengendara Ditilang Lantaran Tidak Pakai Helm SNI

Editor: Ani Susanti
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved