Pemkab Jember Tata RTH Untuk Akomodasi Kebutuhan Warga

Bupati Jember Faida menginginkan ruang terbuka hijau (RTH) di Kabupaten Jember tidak hanya sekadar memiliki fasilitas jalur berpaving, dan fasilitas

Pemkab Jember Tata RTH Untuk Akomodasi Kebutuhan Warga
sri wahyunik/surya
Bupati Jember Faida menyerahlan bibit kakao ke petani 

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Bupati Jember Faida menginginkan ruang terbuka hijau (RTH) di Kabupaten Jember tidak hanya sekadar memiliki fasilitas jalur berpaving, dan lapangan sepak bola semata. Tetapi RTH harus bisa difungsikan secara maksimal, dan secara komprehensif.

Pemaksimalan peran RTH ini disampaikan oleh Bupati Faida dalam sejumlah acara. Saat pembukaan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Gunung Malang Kecamatan Sumberjambe, Jember, pada Selasa (26/2/2019) lalu, Bupati bersama Danrem 083/Baladhika Jaya Kolonel Inf Bagus Suryadi Tayo dan sejumlah pejabat TNI meletakkan batu pertama di jogging track di lapangan yang berada di kaki Gunung Raung tersebut. Peletakan batu pertama itu menjadi penanda penataan RTH di lapangan tersebut.

"Saya ingin anggota TNI yang berkegiatan di TMMD ini bisa mewujudkan penataan RTH di sini. Karena RTH ini nanti sangat penting, bisa menunjang kegiatan warga setempat," ujar Faida kepada Tribunjatim.com.

Pentingnya sebuah RTH yang tertata apik juga disampaikan oleh Bupati Faida di hadapan Ikatan Konsultan Indonesia (Inkindo) saat menggelar Forum Anggota di Kabupaten Jember pada Rabu (27/2/2019).

"Bagaimana konsultan ini bisa memberikan masukan dan saran untuk pembenahan RTH, saya yakin akan lebih bagus, sehingga RTH tidak hanya sekadar dipaving atau untuk sepakbola saja. Tapi bagaimana konsepnya sesuai dengan kebutuhan warga Jember. Karena warga Jember ini suka shalawatan, maka diperlukan panggung terbuka untuk shalawatan di RTH," kata Faida.

Marinus Wanewar Ungkap Permintaan Khusus pada Presiden Jokowi usai Timnas Juara Piala AFF U-22 2019

Janji Berikan Yang Terbaik di Piala Presiden, Irfan Jaya Berharap Bisa Kembali Dipanggil Timnas

Jaksa KPK Akan Hadirkan 35 Saksi Untuk Persidangan Rendra Kresna

Dia menegaskan setiap desa dan kecamatan sebaiknya memiliki RTH yang tertata apik. "Karena seiring adanya pertumbuhan ruang terbuka hijau maka akan ikut meningkatkan ekonomi masyarakat, menjadi wadah apresiasi seni dan kepemudaan yang berbasis taman publik," tegas Faida kepada Tribunjatim.com.

Dia mencontohkan, perlunya ada panggung terbuka di setiap RTH. Panggung terbuka itu bisa menjadi ajang unjuk kesenian juga kegiatan keagamaan, seperti pengajian maupun shalawatan.

"Lebih bagus lagi orang bisa bikin KTP di situ, ada taman Lansia. Dan bangunan RTH harus ramah anak serta difabel, itu sangat penting," imbuhnya.

Karenanya, sejak tahun lalu, Pemkab Jember terus menata RTH yang sudah ada menjadi lebih tertata dan difungsikan sesuai kebutuhan warga. RTH yang telah tertata antara lain RTH Arjasa, Sumbersari, juga Balung.

Faida meminta warga memanfaatkan keberadaan RTH yang sudah tertata secara benar, dan ikut menjaga kebersihan dan aset di RTH. (Sri Wahyunik/TribunJatim.com).

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved