Kabupaten Madiun Bakal Punya Objek Wisata Baru Kampung Belanda

Di Kabupaten Madiun akan ada objek wisata bertema Kampung Belanda. Objek wisata ini dibangun Pemerintah Kecamatan Dagangan bersama warga Dusun

Kabupaten Madiun Bakal Punya Objek Wisata Baru Kampung Belanda
SURYA/SANY EKA PUTRI
Ilustrasi tempat wisata 

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Di Kabupaten Madiun akan ada objek wisata bertema Kampung Belanda. Objek wisata ini dibangun Pemerintah Kecamatan Dagangan bersama warga Dusun Pesanggrahan, Desa Segulung.

Camat Dagangan, Syahrowi, mengatakan saat ini pemerintah bersama warga sedang menyiapkan desain untuk pembangunan wisata Pesanggrahan. Konsep wisata yang ditawarkan dalam objek wisata itu adalah Kampung Belanda beserta sejarahnya.

Pemerintah Kecamatan Dagangan, optimistis dengan pengembangan wisata ini. Sebab, sebelumnya Wana Wisata Watu Rumpuk yang dibangun oleh warga Desa Mendak, dan Pemerintah Kecamatan Dagangan, mendapatkan penghargaan Anugerah Wisata Jawa Timur 2018.

Syahrowi menuturkan, Dusun Pesanggrahan dikenal sebagai kawasan yang memiliki pemandangan alam indah. Bahkan, dulu kawasan ini pernah terdapat rumah pohon yang terkenal.

Dia menuturkan Wisata Pesanggrahan memiliki konsep yang berbeda dari objek wisata yang sudah ada di Kecamatan Dagangan. Wisata Pesanggrahan akan mengambil tema Kampung Belanda, sesuai dengan sejarah di dusun tersebut.

"Nantinya di lokasi wisata Pesanggrahan semuanya akan serba zaman Belanda," kata Rowi, Kamis (8/5/2019) sore kepada Tribunjatim.com.

Rowi menjelaskan, Pesanggrahan merupakan daerah yang dahulu menjadi tempat tinggal orang Belanda pada masa penjajahan. Di Pesanggrahan juga terdapat loji yang dulu digunakan orang Belanda.

Loji peninggalan Belanda yang rusak tersebut, rencananya akan dibangun kembali. Nantinya, rumah tua itu akan menjadi wahana yang bisa dikunjungi wisatawan.

"Ada nilai sejarahnya. Jadi tidak asal membangun. Kami juga telah melakukan penelitian terkait itu, yang menjadi dasar grand design Wisata Pesanggrahan," jelasnya kepada Tribunjatim.com.

Hari Ini Akan Dilakukan Uji Coba Underpass Karanglo Malang

VIDEO VIRAL - Buktikan Uang Palsu di SPBU Disiram Bensin Terbelah Jadi 2, Begini Kata Bank Indonesia

Ini Alasan Djanur, Pelatih Persebaya yang Konsisten Berlatih di GBT

Lebih lanjut, nantinya lokasi tersebut dibagi dalam beberapa wahana di antaranya museum Belanda dan lokasi outdoor miniatur Belanda. Museum Belanda, akan didesain dengan interior ala Belanda sesuai pada masa itu.

Sementara, bagi wisatawan yang gemar berfoto selfie, nantinya juga akan disediakan persewaan baju ala bangsawan Belanda. Wisatawan dapat berfoto dengan kostum dan backgorund bangunan Belanda.

"Ada gaun noni-noni Belanda yang bisa disewa untuk keperluan foto. Jadi para pengunjung bisa mengenakan pakaian Belanda dan berfoto," jelasnya.

Rowi mengatakn, pembangunan objek wisata baru ini kira-kira menelan biaya sekitar Rp2 miliar. Rencananya pembangunan objek wisata ini akan menggunakan dana desa.

"Konsep selesai. Ini persiapan lahan. Nanti akan tanda tangan kontrak dengan pihak ketiga. Empat tahun estimasi waktu sampai lokasi wisata ini bisa buka," imbuhnya. (rbp/TribunJatim.com).

Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved