Bron Chips, Keripik Brownies Hasil Evaluasi dari Anjloknya Pendapatan Usaha Mr Froniez Milik Mega

Mr Froniez, pemain usaha kue brownies asal Surabaya ini memiliki produk yang cukup populer, yaitu Bron Chips.

Bron Chips, Keripik Brownies Hasil Evaluasi dari Anjloknya Pendapatan Usaha Mr Froniez Milik Mega
ISTIMEWA/TRIBUN JATIM
Bron Chips, varian produk Mr Froniz. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Hefty's Suud

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Mr Froniez, pemain usaha kue brownies asal Surabaya ini memiliki produk yang cukup populer, yaitu Bron Chips.

Bron Chips disebut Mega Siswindarto, owner sekaligus founder Mr Froniez, sebagai produk yang menyumbang 90 persen omzetnya.

Poduk keripik brownies yang kata Mega baru diluncurkan pada Mei 2016 itu, bahkan berhasil menarik 1200 customer dalam tiga hari pertamanya. Padahal saat itu kemampuan produksinya hanya 50 sampai 100 pcs per hari.

Jadikan Kegalauan Kerja Sebagai Semangat Wirausaha, Mega Siswindarto Ciptakan Brand Brownis Sendiri

"Jadi waktu itu sampai ada customer yang rela menunggu 12 hari, baru produknya bisa dikirim," ujar pria kelahiran Surabaya itu.

Imbuhnya, hal itu mungkin terjadi karena masyarakat penasaran. Ia pun bersyukur, sampai saat ini, produk tersebut tetap memiliki banyak penggemar setia.

Diceritakan Mega, Bron Chips sebenarnya adalah produk hasil evaluasi dari produk yang diluncurkan sebelumnya, yaitu brownies beku. Berdiri sejak 2011, Mr Froniez punya tiga jenis produk olahan brownies, yaitu brownies panggang, brownies beku, dan Bron Chips atau keripik brownies adalah yang terbaru.

Pada tahun 2012 sampai 2014, brownies beku dikatakan Mega sempat menjadi produk best seller. Selanjutnya, seolah kehilangan penggemar, brownies beku sama sekali tidak lagi dilirik untuk dibeli.

Ajak Masyarakat Jatim Bisnis Melalui Teknologi, Muhammadiyah Gandeng GOJEK Gelar Pelatihan Wirausaha

"Kami punya customer perorangan, ada juga beberapa toko atau agen yang kami titipi produk brownies beku waktu itu. Nah saya suvei ke toko atau agen tersebut, apa yang membuat mereka nggak lagi ambil brownies beku?" ujar Mega.

Ternyata, lanjutnya, brownies beku dianggap terlalu manis dan padat, sehingga sebagian besar orang tidak kembali membelinya. Selain itu, masa tahan brownies beku dalam suhu ruangan, hanya sepuluh hari.

Beberapa agen atau toko tersebut, sebenarnya memiliki kulkas besar, namun kulkas tersebut pemberian dari salah satu merek produk makanan dan tidak boleh dimasuki oleh merek produk lain. Brownies beku produksi Mr Froniez, biasanya diletakkan di rak kaca.

Sempat Ragu di Bisnis Kuliner, Gisella Anastasia Akhirnya Buka Gempikoe : Ngembangkan Kota Kelahiran

"Saya cukup terkejut waktu itu, saya pikir ya riskan juga kalau produk hanya bisa bertahan 10 hari. Akhirnya saya buat produk lain yang lebih tahan lama, yaitu keripik brownies atau Bron Chips itu," ungkapnya.

Imbunya, Bron Chips dapat bertahan 12 bulan dalam suhu udara. Selain itu sajiannya yang berupa brownies tipis dan renyah membuat sensasi makan Bron Chips akan berbeda dari makan kue brownies biasanya.

Keripik brownies itu, dibanderol seharga Rp 15 ribu per pcs. Khusus reseller dengan minimal pembelian 50 pcs atau 1 dus, Mega memberikan potongan harga 40 persen setiap pcs nya.

Penulis: Hefty Suud
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved