Sebelum Menjual Kostum Ironman dan Transformer, Eko Purnomo Sempat Ngamen dengan Kostum Buatannya

Eko Purnomo (32), warga Desa Jarakan, Kecamatan Gondang telah alih pekerjaan, dari seorang pekerja proyek bangunan menjadi pembuat kostum robot.

Sebelum Menjual Kostum Ironman dan Transformer, Eko Purnomo Sempat Ngamen dengan Kostum Buatannya
SURYA.CO.ID/DAVID YOHANES
Eko Purnomo (32) memamerkan robot Bumblebee buatannya, Senin (13/5/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, TULUNGAGUNG - Eko Purnomo (32), warga Desa Jarakan, Kecamatan Gondang telah alih pekerjaan, dari seorang pekerja proyek bangunan menjadi pembuat kostum robot.

Spesialisasinya adalah karakter Ironman dan semua karakter Transformers.

Suami Nina Rahmawati ini berkisah, akhir 2018 silam dirinya bekerja di proyek penataan trotoar Jalan Maliobro Yogyakarta. Saat itu Eko melihat seseorang yang mengamen dengan mengenakan kostum Ironman.

"Saya lihat kok kostumnya bagus sekali. Saya tertarik untuk coba membuatnya," kenang Eko, sata ditemui Senin (13/5/2019).

VIDEO: Viral Pria Mengamuk di Minimarket setelah Diberi Sumbangan Rp1.000: Ini Pelecehan

Setiap pulang kerja, malam hari Eko mulai mencoba membuat kostum Ironman dari bahan busa hati. Namun sebelum kostumnya tuntas, proyek trotoar Malioboro sudah selesai. Eko membawa hasil percobaan kostumnya ke Tulungagung.

Di Tulungagung kostum ini dituntaskan. Setelah jadi Eko mencobanya untuk ngamen di alun-alun Tulungagung. Bahkan ia juga membuat satu kostum lain untuk istrinya.

"Saya hanya memakai tiga kali untuk ngamen di alun-alun. Setelah itu gak dipakai lagi, saya simpan di gudang," ujar Eko, sambil menunjuk ke kostum karya pertamanya.

Iseng-iseng kostum itu diungggah ke media sosial. Tidak lama kemudian Eko mendapat empat pesanan kostum Ironman, dari Tulungagung. Setelah empat pesanan itu, pesanan lain pun mulai berdatangan.

Dari Pekerja Proyek, Eko Purnomo Beralih Jadi Tukang Buat Kostum Robot, Harganya hingga Rp 7 Juta

Dari Ironman, datang pesanan lain berupa karakter film Transformer. Paling banyak memang karakter Bumblebee, robot yang populer dan film tersebut. Disusul karakter jahat Megatron sebagai lawannya.

"Yang sudah saya kirim pesanan dari Kalimantan, Jakarta, Surabaya, Malang dan beberapa kota lain di Jawa," ungkapnya.

Untuk membuat sebuah kostum, Eko hanya butuh sebuah miniatur kecil yang dibeli murah dari toko mainan anak. Untuk detail setiap bagian, Eko mencari lewat internet. Desain setiap detail itu kemudian dituangkan di atas lembaran busa hati.

"Semua saya kerjakan sendiri. Mulai menggambar desain, merangkai jadi robot sampai pewarnaan," pungkas Eko.

(David Yohanes)

Penulis: David Yohanes
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved